Trump Pamer Surat dari Kim Jong Un, Begini Isinya - Kompas.com

Trump Pamer Surat dari Kim Jong Un, Begini Isinya

Kompas.com - 13/07/2018, 10:32 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) bersalaman dengan Presiden AS Donald Trump pada pertemuan bersejarah antara AS-Korea Utara, di Hotel Capella di Pulau Sentosa, Singapura, Selasa (12/6/2018). Pertemuan ini merupakan yang pertama kalinya bagi pemimpin kedua negara dan menjadi momentum negosiasi untuk mengakhiri kebuntuan permasalahan nuklir yang telah terjadi puluhan tahun.AFP PHOTO/THE STRAIT TIMES/KEVIN LIM Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) bersalaman dengan Presiden AS Donald Trump pada pertemuan bersejarah antara AS-Korea Utara, di Hotel Capella di Pulau Sentosa, Singapura, Selasa (12/6/2018). Pertemuan ini merupakan yang pertama kalinya bagi pemimpin kedua negara dan menjadi momentum negosiasi untuk mengakhiri kebuntuan permasalahan nuklir yang telah terjadi puluhan tahun.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengunggah surat yang dikirim oleh Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di akun Twitter-nya, Kamis (12/7/2018).

Surat tersebut mengisyaratkan optimisme tentang upaya mengakhiri nuklir di Semenanjung Korea.

Kim menulis surat yang terdiri dari empat paragraf itu dalam bahasa Korea, yang selanjutnya diterjemahkan dalam bahasa Inggris.

Baca juga: Kim Jong Un Pilih Kunjungi Ladang Kentang daripada Bertemu Menlu AS

Kim menyinggung tentang masa depan baru dan kepercayaan penuh kepada Trump.

"Tulisan yang sangat bagus dari Pemimpin Korea Utara Kim. Kemajuan besar sedang dibuat," kicaunya.

Kim menggambarkan pertemuan bersejarah pada 12 Juni 2018 di Singapur sebagai awal dari perjalanan yang berarti.

Berikut isi lengkap dari surat Kim Jong Un kepada Trump:

Yang Terhormat Donald J Trump
Presiden Amerika Serikat

Yang Mulia Presiden,

Pertemuan pertama yang signifikan bersama Yang Mulia dan pernyataan bersama yang kita tanda tangani di Singapura 24 hari lalu merupakan awal dari perjalanan berarti.

Saya sungguh mengapresiasi semangat dan upaya luar biasa yang dibuat Yang Mulia Presiden untuk kemajuan hubungan antara dua negara dan implementasi teguh terhadap pernyataan bersama.

Saya sungguh yakin bahwa kemauan yang kuat, upaya tulus, dan pendekatan unik dari diri saya dan Yang Mulia bertujuan untuk membuka masa depan baru antara DPRK dan AS akan mendapat hasil yang dicapai.

Semoga kepercayaan yang tak berubah dan keyakinan Yang Mulia Presiden akan diperkuat lebih jauh pada proses di masa mendatang dalam mengambil langkah praktis, saya memperluas keyakinan saya tentang perkembangan hubungan DPRK-AS yang akan membawa kita pada pertemuan selanjutnya.

Kim Jong Un
Ketua Komisi Urusan Kenegaraan
Republik Demokratik Rakyat Korea


Komentar
Close Ads X