Kompas.com - 13/07/2018, 05:25 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com — Operasi penyelamatan 12 anak dan seorang pelatih tim sepak bola yang terjebak di dalam goa di Thailand telah berakhir bahagia dengan anak dapat dikeluarkan dengan selamat.

Namun, kemudian muncul pertanyaan bagaimana anak-anak yang telah terperangkap selama lebih dari dua pekan dapat melewati lorong-lorong yang sempit dan panjang untuk menuju mulut goa.

Padahal, rute menuju lokasi tim "Wild Boar" terjebak tetap menyulitkan para penyelam profesional.

Dalam rekaman video penyelamat yang dirilis tim penyelamat, akhirnya terungkap bahwa anak-anak tersebut dibius dan diikat pada tandu sebelum kemudian dibawa penyelam menuju mulut goa.

Baca juga: Thailand Rilis Foto Pertama Anggota Tim Bola Setelah Keluar dari Goa

Petugas awalnya menutup rapat segala rincian tentang operasi penyelamatan yang berlangsung selama tiga hari dan berakhir pada Selasa (10/7/2018) tersebut.

Sebuah rekaman yang menunjukkan proses penyelamatan anak-anak dari tim sepak bola remaja itu pun akhirnya dirilis oleh tim penyelamat.

Dalam rekaman tersebut, terlihat bagaimana anak-anak yang masih remaja itu dipindahkan menggunakan tandu yang menjaga mereka. Mata anak-anak itu tampak terpejam.

Salah seorang mantan penyelam dari Tim SEAL Angkatan Laut Thailand pun buka suara dan mengungkapkan bahwa anak-anak itu mendapatkan bius ringan untuk membuat mereka dalam kondisi tertidur.

"Beberapa dari mereka tertidur, sementara lainnya kadang menggerakkan jari-jarinya, namun semuanya tetap dapat bernapas," kata Komandan Chaiyananta Peeranarong.

Baca juga: Dunia Rayakan Keberhasilan Misi Penyelamatan Remaja dari Goa Thailand

"Tugas saya adalah memindahkan mereka. Anak-anak itu sudah terbungkus dan diikat pada tandu sebelum dipindahkan."

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.