Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanah Longsor Terjang Wilayah Pegunungan di Afghanistan, Sedikitnya 6 Tewas

Kompas.com - 12/07/2018, 23:48 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

KABUL, KOMPAS.com - Bencana tanah longsor menerjang kawasan permukiman di kaki gunung di Afghanistan, Kamis (12/7/2018) menghancurkan ratusan rumah warga di sepuluh desa dan menewaskan sedikitnya enam orang.

Longsor terjadi setelah sebuah danau di gunung Panjshir, di utara Kabul, meluap karena lapisan es di puncak yang mencair dan mengirimkan air bersama lumpur menerjang sejumlah desa yang berada di bawahnya.

Sedikitnya 10 desa dikhawatirkan terdampak terjangan air dan lumpur yang membanjiri sebagian besar rumah warga dan menghancurkan bangunan publik.

Upaya penyelamatan segera dilakukan untuk mencari korban selamat yang kemungkinan terkubur lapisan lumpur.

Baca juga: Korban Tewas Banjir di Jepang Capai 199 Orang dan 60 Orang Hilang

Salah seorang warga yang selamat, Jamil Ahmad, mengaku tengah di tempat tidurnya saat mendadak mendengar suara bergemuruh dari atas gunung, diikuti teriakan peringatan dari warga.

"Seseorang berteriak banjir dan saya melarikan diri bersama keluarga menuju tempat yang lebih tinggi," kata Ahmad kepada AFP.

Pernyataan pemerintah setempat menyebutkan, enam orang telah dipastikan meninggal dunia, namun pihaknya memperingatkan kemungkinan jumlah korban bertambah.

Menurut Ahmad, penduduk desa sebelumnya sempat khawatir akan terjadinya longsor saat cuaca yang semakin hangat, memungkinkan volume air di danau meningkat karena lapisan es yang mencair.

Wakil Direktur Manajemen Bencana dari kementerian, Mohammad Qasim Haidari mengatakan, upaya pencarian dan penyelamatan telah dilakukan. Bantuan berupa makanan, air dan selimut serta tenda juga telah dikirim untuk para penduduk yang mengungsi.

Sementara warga desa turut membantu proses pencarian menggunakan alat-alat sederhana.

"Kami telah mengerahkan segala kemampuan untuk membantu warga," kata Haidari.

Bencana tanah longsor dan banjir bandang tergolong kerap melanda wilayah pegunungan Afghanistan saat mulai memasuiki musim semi dan musim panas, ketika lapisan salju di puncak mulai mencair.

Kondisi tersebut diperparah minimnya vegetasi dan banyaknya kawasan hutan yang mulai gundul.

Baca juga: Perdana Menteri Jepang Temui Para Korban Bencana Banjir dan Longsor

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, yang tengah berada di Brussels untuk menghadiri KTT NATO mengaku terkejut dengan kabar bencana tersebut.

"Sejumlah orang telah menjadi korban tewas akibat tanah longsor," kata Ghani dalam pernyataannya.

Pihaknya segera memerintahkan kepada jajaran terkait untuk memberikan bantuan kepada para korban yang terdampak bencana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com