Kompas.com - 12/07/2018, 19:55 WIB

MAE SAI, KOMPAS.com - Relawan yang membantu misi penyelamatan tim sepak bola remaja yang terjebak di goa bercerita bahwa operasi mereka nyaris celaka.

Komandan Chaiyananta Peeranarong, mantan tim elite SEAL Angkatan Laut Thailand, berkata insiden itu terjadi pada Selasa (10/7/2018).

Saat itu merupakan operasi terakhir untuk mengeluarkan sisa anggota tim sepak bola Mu Pa (Wild Boar) yang terjebak di Goa Tham Luang sejak 23 Juni.

Baca juga: Berkaca Kasus Thailand, Manusia Tidak Dilahirkan untuk Selusur Goa

Peeranarong mengatakan, awalnya tim berhasil mengeluarkan lima orang tersisa yang terdiri dari empat remaja dan pelatih mereka, Ekapol Chanthawong.

Setelah lima orang itu keluar, air tiba-tiba melonjak dan membanjiri 20 tim penyelamat yang masih berada di dalam goa.

Kepada AFP dikutip Channel News Asia Kamis (12/7/2018), Peeranarong berujar dia mendengar seorang pria Australia berteriak.

"Dia berteriak bahwa pompa untuk mengeluarkan air dari dalam goa tidak bekerja," tutur mantan prajurit berusia 60 tahun itu.

Peeranarong menjelaskan, jika pompa air tidak bekerja, maka satu-satunya peralatan yang memungkinkan adalah menggunakan alat selam.

Namun, sebagian besar regu penyelamat tidak punya. Jadi, mereka berpacu dengan waktu untuk segera keluar dari goa.

"Tepat setelah relawan terakhir keluar, air sudah mencapai kepala yang artinya sangat berbahaya jika tak memakai alat penyelam," bebernya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.