Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badan Intelijen Israel Telah Gagalkan 160 Upaya Pembunuhan Pemimpin Arab

Kompas.com - 11/07/2018, 20:29 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

TEL AVIV, KOMPAS.com - Badan intelijen Israel, Mossad, diklaim telah berhasil mengagalkan hingga lebih dari 160 percobaan pembunuhan yang menargetkan pemimpin Arab.

Melansir dari Middle East Monitor, klaim tersebut disampaikan seorang jurnalis Kurdi di Israel, Mahdi Majeed, yang mengaku mendapatkan informasi tersebut dari dokumen intelijen rahasia yang belum diungkapkan.

Disampaikan Majeed, melalui akun media sosial Twitter miliknya, pada Senin (9/7/2018), tanpa bantuan dari Mossad hampir setengah dari pemimpin Arab saat ini dan di masa lalu telah terbunuh.

"Hari ini, saya telah melihat dokumen intelijen yang akan segera dirilis. Singkat kata, berdasarkan dokumen tersebut Mossad telah menggagalkan hingga lebih dari 160 upaya pembunuhan yang menargetkan mantan pemimpin Arab, terutama terhadap pemimpin Arab saat ini," tulis Majeed.

Baca juga: Mossad Gelar Operasi Rahasia Selamatkan Jam Tangan Agen Legendaris

Namun tidak diungkapkan secara rinci kapan pastinya upaya percobaan pembunuhan yang telah digagalkan tersebut, maupun cara intelijen Israel menggagalkannya.

Dalam postingan sebelumnya, Majeed juga mengunggah sebuah foto saat bersama dengan Menteri Intelijen Israel, Yisrael Katz.

"Menantikan pengungkapan rahasia eksklusif untuk pertama kalinya mengenai negara-negara Arab secara umum dan kawasan teluk secara khusus," tulis Majeed bersama foto tersebut.

Sebagai badan intelijen milik Israel, Mossad disebut telah menjalin hubungan secara formal dengan sejumlah lembaga intelijen di negara-negara Arab pada umumnya, termasuk dengan Yordania, Mesir, Maroko dan beberapa negara di kawasan Teluk Arab.

Baca juga: Mantan Petinggi Mossad: Netanyahu Pernah Perintahkan Serangan Militer ke Iran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com