Kompas.com - 11/07/2018, 18:47 WIB

KURASHIKI, KOMPAS.com - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengunjungi pusat evakuasi sementara korban bencana banjir dan tanah longsor di kota Kurashiki, prefektur Okayama, Rabu (11/7/2018).

Di kota tersebut, sedikitnya 40 orang dilaporkan menjadi korban tewas akibat bencana yang dipicu curah hujan tinggi tersebut.

Di pusat penampungan yang dikunjungi Abe, terdapat sedikitnya 200 orang yang berlindung setelah tempat tinggal mereka hancur diterjang longsor.

Para warga telah mulai bergotong-royong membersihkan jalan-jalan dari sisa lumpur dan puing-puing bangunan agar dapat memperlancar keluar masuknya bantuan bahan pangan dan kebutuhan lainnya.

Baca juga: Korban Tewas Banjir di Jepang Jadi 132 Orang, Evakuasi Terus Berlanjut

Menemui para korban selamat, PM Abe berjanji, pemerintah akan melakukan yang terbaik agar dapat mengembalikan kehidupan warga sesegera mungkin.

"Saya harap pemerintah setempat tidak akan ragu dalam memberikan bantuan, termasuk bantuan keuangan dan mengerahkan segala upaya untuk restorasi secara maksimal," kata Abe berpesan kepada Gubernur Okayama, Ryuta Ibaragi.

Sejumlah daerah dilaporkan terisolasi setelah jalur transportasi mereka dengan kota-kota terdekat terputus akibat terhalang lumpur dan puing-puing bangunan akibat longsor.

Nobuaki Hyuga, salah seorang penduduk Asakita, Hiroshima, mengaku harus berjalan cukup jauh untuk dapat menemukan toko kelontong yang menjual bahan makanan.

"Jalur transportasi terputus dan kami tidak bisa pergi ke mana-mana menggunakan mobil," kata dia dilansir SCMP.

"Lumpur dan tanah masih menghalangi rute bus lokal, jadi kami mencoba membersihkan dan membukanya kembali sehingga jalanan dapat kembali dilalui kendaraan dan bus," kata Fukuyoshi Doi, salah seorang relawan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber SCMP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.