Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Tua Kecelakaan saat Lepas Landas di Afrika Selatan, Satu Orang Tewas

Kompas.com - 11/07/2018, 18:10 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

PRETORIA, KOMPAS.com - Sebuah pesawat tua yang rencananya akan segera dipindahkan ke museum dirgantara mengalami kecelakaan saat uji terbang di Bandara Afrika Selatan.

Sebanyak 20 orang dilaporkan mengalami cedera dengan satu orang meninggal dunia, setelah pesawat tipe Convair-340 buatan tahun 1954, mengalami gagal lepas landas di Bandara Wonderboom di Pretoria, pada Selasa (10/7/2018).

Pesawat tersebut tengah dalam uji coba terbang sebelum dipindahkan ke Museum Dirgantara Aviodrome di Belanda.

Pesawat berusia lebih dari 60 tahun itu diduga mengalami kendala saat lepas landas dan menghantam tanah sekitar lima kilometer di timur bandara, menabrak sebuah pabrik kecil dan melukai dua orang di dalamnya.

Baca juga: 49 Orang Tewas dalam Kecelakaan Pesawat di Kathmandu

Dari foto-foto di lokasi jatuhnya pesawat, tampak badan pesawat terbelah menjadi beberapa bagian.

Petugas medis segera bertindak cepat menyelamatkan pada penumpang, sementara petugas pemadam kebakaran berjuang memadamkan api yang membakar badan pesawat.

"Pesawat tersebut membawa 19 penumpang, termasuk pilot dan teknisi," kata Juru Bicara Layanan Darurat Pemerintah Lokal, Johan Pieterse, dilansir AFP.

"Ada satu korban meninggal, namun kami belum dapat memastikan identitasnya. Kami juga mendata sebanyak 20 pasien luka-luka, mulai dari ringan hingga berat, termasuk dua korban luka yang tidak ikut menumpang pesawat," lanjutnya.

Museum Dirgantara Aviodrome yang terletak di Kota Lelystad, Belanda tengah, melalui pernyataannya di laman Facebook mereka, mengaku terkejut saat mendapat informasi kecelakaan.

Pesawat tersebut dijadwalkan untuk diterbangkan dari Afrika Selatan ke Belanda dengan melewati rute Mesir, Kroasia dan Austria, pada 23 Juli mendatang.

"Kami belum mengetahui pasti apa yang sebenarnya terjadi. Kami hanya tahu jika pesawat tersebut mengalami masalah dan jatuh tak lama usai lepas landas," kata Rosella Passier, Manajer Marketing Aviodrome.

Baca juga: Seorang Remaja Selamatkan Diri Saat Pesawat yang Ditumpangi Jatuh

Menurut informasi dari laman resmi Aviodrome, pesawat tersebut telah menghabiskan dana hingga 350.000 euro (sekitar Rp 5,8 miliar), agar dapat diterbangkan ke Belanda.

Aviodrome adalah salah satu museum terbesar di Belanda di mana pengunjung dapat melihat beragam jenis pesawat dari jarak dekat, termasuk pesawat KLM Boeing 747 dan jet tempur MiG-21 dari zaman Soviet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com