Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Goa Tempat Tim Sepak Bola Remaja Terjebak Bakal Dipasangi Pengaman

Kompas.com - 10/07/2018, 20:59 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Asia One

MAE SAI, KOMPAS.com - Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-Cha mengatakan bakal memasang pengaman ke goa tempat tim sepak bola remaja terjebak.

Reuters via Asia One memberitakan Selasa (10/7/2018), Chan-o-Cha berujar, Goa Tham Luang di Chiang Rai telah dikenal dunia.

Sebabnya adalah operasi internasional untuk mengeluarkan 12 remaja dan seorang pelatih anggota tim sepak bola Mu Pa (Wild Boar) yang terperangkap sejak 23 Juni.

Baca juga: Akhirnya, Seluruh Tim Sepak Bola Remaja yang Terjebak di Goa Keluar

Chan-o-Cha yakin goa yang terletak di perbatasan Thailand-Myanmar tersebut bakal menjadi destinasi pariwisata Negeri "Gajah Putih" baru.

Apalagi pekan lalu, Otoritas Pariwisata Thailand (TAT), berencana mempromosikan Tham Luang setelah goa itu masif diberitakan seluruh dunia.

Karena itu, mantan panglima militer Thailand tersebut bakal menginstruksikan adanya pemasangan pengaman di dalam dan luar goa.

Kepada wartawan di Bangkok, Chan-o-Cha menjelaskan jajarannya bakal memberi pembatas di pintu masuk dan pintu keluar Goa Tham Luang.

"Di masa depan, kami bakal memasang lebih banyak lampu serta tanda peringatan di dalam goa," beber PM berumur 64 tahun itu.

Karena masuk ke dalam kawasan berbahaya, Chan-o-Cha menegaskan goa tersebut bakal ditutup sementara hingga dilakukan pembenahan sehingga layak dikunjungi.

Misi untuk mengeluarkan ke-13 anggota tim tersebut dimulai pada Minggu (8/7/2018). Dalam operasi pertama, tim penyelam berhasil mengeluarkan empat remaja.

Empat remaja lain berhasil dikeluarkan pada Senin (9/7/2018). Adapun sisanya termasuk asisten pelatih Ekapol Chanthawong, selamat Selasa ini.

12 remaja itu dan Chanthawong dinyatakan hilang pada 23 Juni ketika dikabarkan mengeksplorasi goa selepas sesi latihan.

Mereka ditemukan oleh dua penyelam Inggris berada dalam sebuah ruangan yang terletak empat kilometer dari mulut goa pada pekan lalu (2/7/2018).

Baca juga: Kisah Para Pahlawan Penyelamat Remaja yang Terjebak di Goa (1)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Asia One
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com