Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Para Pahlawan Penyelamat Remaja yang Terjebak di Goa (2)

Kompas.com - 10/07/2018, 15:05 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MAE SAI, KOMPAS.comPenyelam menjadi ujung tombak operasi penyelamatan 12 remaja dan asisten pelatih anggota tim sepak bola yang terperangkap di Goa Tham Luang, Thailand.

Sebab, mereka harus menempuh 4 kilometer, kadang disertai berenang di air yang kotor dan gelap, untuk mencapai dan mengeluarkan ke-13 orang dari goa.

Terdapat 90 orang penyelam, terdiri dari 40 penyelam lokal dan elite angkatan laut, serta 50 penyelam seluruh dunia yang berpartisipasi dalam operasi evakuasi tersebut.

Baca juga: Kisah Para Pahlawan Penyelamat Remaja yang Terjebak di Goa (1)

Mereka dipimpin Rick Stanton dan John Volanthen, dua penyelam asal Inggris yang pertama kali menemukan mereka pekan lalu (2/7/2018).

Keduanya pernah menyelam bersama pada 2010 ketika menyelamatkan kolega mereka, penyelam asal Perancis, Eric Establie, pada 2010.

Saat itu, Establie tengah dalam misi melakukan pemetaan Ardeche Gorge di dekat Marseille ketika sebuah batu jatuh dan menutup pintu masuk.

Bersama penyelam dari pasukan Inggris (RAF), Stanton dan Volanthen berhasil menemukan Establie 780 meter dari pintu masuk delapan hari kemudian.

Andy Torbet, mantan penyelam militer Inggris, dalam cara ITV's Good Morning Britain menyebut keduanya sebagai "yang terbaik di dunia".

Salah satu anggota tim penyelam, Ivan Karadiz, merupakan warga negara Denmark yang saat itu tengah berlibur di Krabi yang terletak di selatan Thailand.

Begitu mendengar ada 12 remaja dan seorang pelatih anggota tim sepak bola Mu Pa (Wild Boar), dia langsung mengumpulkan peralatan menyelamnya.

Beberapa hari kemudian, dia berkumpul dengan tim penyelamat internasional yang lain. Adapun total relawan yang berpartisipasi mencapai 2.000 orang.

"Sangat fenomenal melihat begitu banyak penyelam dari seluruh dunia berkumpul," kata pria 44 tahun itu dilansir Reuters via Channel News Asia.

Selain Karadiz, terdapat pula Nick Vollmar, paramedis asal Jerman yang langsung membawa rekannya penyelam dari Finlandia ke Chiang Rai.

Dia mengatakan merasakan kesedihan dan rasa sakit dari orangtua 12 remaja yang terjebak di Goa Tham Luang sejak 23 Juni lalu.

Baca juga: JEO Kisah Penyelamatan Klub Bola dari Gua di Thailand yang Mendunia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com