Kompas.com - 10/07/2018, 13:42 WIB

MAE SAI, KOMPAS.com - Ketika Mae Bua Chaicheun mendengar ada sebuah tim sepak bola yang terperangkap di goa lebih dari sepekan, dia langsung meninggalkan pekerjaannya sebagai petani.

Bersama ratusan orang lainnya dari seluruh penjuru Negeri Gajah Putih, Chaicheun mengajukan diri sebagai relawan untuk membantu operasi penyelamatan tim itu.

Selama hampir sepekan, dia dan para perempuan lainnya bertugas untuk memasakkan makanan bagi para penyelam dan relawan lain.

Baca juga: Kisah Para Pahlawan Penyelamat Remaja yang Terjebak di Goa (2)

Ketika dia menjadi relawan, militer Thailand mulai memompa keluar air yang ada di dalam goa sehingga operasi penyelamatan bisa lebih gampang.

Selama hampir dua pekan, 130 juta liter air dikeluarkan dari dalam Goa Tham Luang, dan dibuang ke sisi gunung yang lain.

Sepekan berlalu. Chaicheun bermaksud untuk pulang dan menengok sawahnya. Alangkah terkejutnya dia ketika mendapati sawahnya tergenang.

Air yang dipompa keluar oleh militer untuk menyelamatkan 12 remaja dan seorang pelatih itu membanjiri sawah desa Ban Nong O dan desa sekitarnya.

Chaicheun yang mempunyai sekitar dua hektar sawah padahal baru saja menanam bibit padi. Sejak suaminya meninggal, dia mengurus sawah itu seorang diri.

Karena dua anaknya tidak ada yang mau turun menjadi petani, sawah tersebut tidak ada yang mengurus ketika Chaicheun menjadi relawan selama sepekan.

Namun, dia mengaku tak peduli. Baginya, yang terpenting adalah goa aman sehingga ke-13 orang itu bisa dikeluarkan dengan selamat.

"Tidak masalah. Tidak apa-apa. Yang penting anak-anak itu dan pelatihnya bisa keluar dari Tham Luang hidup-hidup," tuturnya dikutip ABC News.

Untungnya, Pemerintah Chiang Rai tanggap dengan memasang pompa untuk mengeluarkan air yang telanjur membanjiri sawah.

Selain itu, pemerintah juga memberi ganti rugi kepada pemilik sawah yang terkena dampak air goa sebesar 1.113 baht, sekitar Rp 482.189, per 0,20 hektar.

Chaicheun berkata, kabar terjebaknya anggota tim sepak bola Mu Pa (Wild Boar) itu telah menyatukan seluruh warga Thailand.

Baca juga: Tim Penyelamat Bakal Keluarkan 5 Orang Tersisa dari Goa

Halaman:


Video Pilihan

Sumber BBC,ABCNews
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.