Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Makin Percaya Diri, Penyelamatan Anak-anak Terjebak di Goa Thailand Lebih Cepat

Kompas.com - 10/07/2018, 00:53 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com - Delapan anak telah dapat dikeluarkan oleh tim penyelamat dari dalam goa di Thailand setelah dilakukannya misi evakuasi selama dua hari sejak Minggu (8/7/2018).

Dalam dua hari dilangsungkannya misi evakuasi tersebut, tim penyelamat telah berhasil mengeluarkan masing-masing empat anak setiap harinya.

Meski jumlah anak yang dapat dikeluarkan dalam satu hari sama, namun misi evakuasi di hari kedua berjalan lebih lancar dan cepat dibandingkan hari pertama.

Ketua misi penyelamatan, Narongsak Osottanakorn menyampaikan, hal tersebut dimungkinkan lantaran tim penyelamat pada hari kedua merasa lebih percaya diri.

"Kemarin, operasi penyelamatan kami mulai pukul 10.18 pagi dan kami selesai mengirimkan anak keempat ke rumah sakit pada pukul 21.30 malam, yang berarti memakan waktu 11 jam."

"Hari ini, meski kami baru memulai evakuasi pada pukul 11.00 pagi namun dapat selesai sekitar pukul 20.00 malam atau sembilan jam. Kami lebih cepat dua jam dibandingkan kemarin," kata Narongsak dalam konferensi pers pada Senin (9/7/2018) malam.

Baca juga: Tim Penyelamat Kembali Keluarkan 4 Remaja Thailand dari Goa

Tindakan penyelamatan yang lebih cepat tersebut, menurut Narongsak, dikarenakan tim telah semakin berkembang dengan pengalaman yang didapat pada hari sebelumnya.

Selain itu, jumlah anggota penyelamat yang terlibat lebih banyak, yakni lebih dari 100 penyelamat, termasuk 18 penyelam.

"Kami merasa lebih percaya diri hari ini. Kami dapat bergerak dengan lebih cepat. Saya sangat senang. Kami sangat berterima kasih pada semua pihak yang telah terlibat dan membantu kami," tambah Narongsak dilansir Channel News Asia.

Selain itu, Narongsak mengatakan, empat anak yang dikeluarkan pada hari kedua dalam kondisi yang lebih stabil dan dalam kondisi sadar.

Dia juga menegaskan kondisi empat anak dan pelatih mereka yang masih terjebak di dalam goa tetap dalam kondisi baik.

"Kondisi lima orang yang masih di dalam goa juga cukup baik, menuruk dokter," tambahnya.

Kelima orang yang tersisa akan dievakuasi pada Selasa (10/7/2018), namun untuk waktu dimulainya operasi penyelamatan hari ketiga belum ditentukan.

"Kami akan memulai persiapan untuk operasi penyelamatan selanjutnya dan kami percaya akan dapat lebih baik daripada hari ini dan akan sangat berhasil," kata Narongsak.

Baca juga: Sisa Lima Orang Terjebak di Goa Thailand, Evakuasi Kembali Ditangguhkan

Narongsak menambahkan, pihaknya berharap hari esok juga cuaca akan cerah dan tidak turun hujan sehingga akan mempercepat upaya penyelamatan.

Wakil Komandan Pasukan Ketiga Mayor Jenderal Chalongchai Chaiyakham menyampaikan, keberhasilan misi penyelamatan di hari ketiga turut bergantung evaluasi misi hari kedua.

"Jika semuanya berjalan sesuai dengan yang kami harapkan, baik itu cuaca maupun kesiapan tim penyelamat, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan," kata Chalongchai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com