Kompas.com - 10/07/2018, 00:53 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Delapan anak telah dapat dikeluarkan oleh tim penyelamat dari dalam goa di Thailand setelah dilakukannya misi evakuasi selama dua hari sejak Minggu (8/7/2018).

Dalam dua hari dilangsungkannya misi evakuasi tersebut, tim penyelamat telah berhasil mengeluarkan masing-masing empat anak setiap harinya.

Meski jumlah anak yang dapat dikeluarkan dalam satu hari sama, namun misi evakuasi di hari kedua berjalan lebih lancar dan cepat dibandingkan hari pertama.

Ketua misi penyelamatan, Narongsak Osottanakorn menyampaikan, hal tersebut dimungkinkan lantaran tim penyelamat pada hari kedua merasa lebih percaya diri.

"Kemarin, operasi penyelamatan kami mulai pukul 10.18 pagi dan kami selesai mengirimkan anak keempat ke rumah sakit pada pukul 21.30 malam, yang berarti memakan waktu 11 jam."

"Hari ini, meski kami baru memulai evakuasi pada pukul 11.00 pagi namun dapat selesai sekitar pukul 20.00 malam atau sembilan jam. Kami lebih cepat dua jam dibandingkan kemarin," kata Narongsak dalam konferensi pers pada Senin (9/7/2018) malam.

Baca juga: Tim Penyelamat Kembali Keluarkan 4 Remaja Thailand dari Goa

Tindakan penyelamatan yang lebih cepat tersebut, menurut Narongsak, dikarenakan tim telah semakin berkembang dengan pengalaman yang didapat pada hari sebelumnya.

Selain itu, jumlah anggota penyelamat yang terlibat lebih banyak, yakni lebih dari 100 penyelamat, termasuk 18 penyelam.

"Kami merasa lebih percaya diri hari ini. Kami dapat bergerak dengan lebih cepat. Saya sangat senang. Kami sangat berterima kasih pada semua pihak yang telah terlibat dan membantu kami," tambah Narongsak dilansir Channel News Asia.

Selain itu, Narongsak mengatakan, empat anak yang dikeluarkan pada hari kedua dalam kondisi yang lebih stabil dan dalam kondisi sadar.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.