Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sisa Lima Orang Terjebak di Goa Thailand, Evakuasi Kembali Ditangguhkan

Kompas.com - 09/07/2018, 23:30 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com — Operasi penyelamatan tim sepak bola remaja Thailand yang terjebak di goa kembali ditangguhkan seusai empat anak dapat dikeluarkan pada hari kedua.

Misi penyelamatan empat anak dan seorang pelatih mereka yang masih terjebak di dalam Goa Tham Luang akan dilanjutkan keesokan hari, Selasa (10/9/2018).

Melansir dari Channel News Asia, hingga Senin (9/7/2018) malam waktu setempat delapan anak dari tim sepak bola remaja Wild Boar telah dapat dikeluarkan oleh tim penyelamat yang terdiri dari gabungan angkatan laut Thailand dengan para penyelam profesional dari berbagai penjuru dunia.

Empat anak pertama telah dikeluarkan pada Minggu (8/7/2018) dan empat lainnya dikeluarkan sehari berselang karena tim harus beristirahat dan mengisi kembali suplai tabung oksigen.

Baca juga: Tim Penyelamat Kembali Keluarkan 4 Remaja Thailand dari Goa

Anak kelima yang berhasil dikeluarkan, atau yang pertama pada misi hari kedua, Senin (9/7/2018) dikeluarkan sekitar pukul 17.00 waktu setempat dan langsung dibawa menggunakan helikopter menuju rumah sakit di Chiang Rai, tempat empat anak sebelumnya dibawa untuk mendapat perawatan.

Dalam konferensi yang digelar mantan Gubernur Chiang Rai, Narongsak Osotthanakorn, upaya penyelamatan pada hari kedua masih melibatkan para penyelam yang sama dengan yang membawa keluar empat anak pertama pada hari sebelumnya.

Upaya evakuasi hari kedua dimulai sejak pukul 11.00 pagi waktu setempat setelah para anggota tim penyelamat mendapat cukup istirahat dan mengisi kembali suplai oksigen.

Narongsak, yang juga menjadi ketua misi penyelamatan, mengumumkan, evakuasi pada hari kedua berlangsung selama sekitar 9 jam, atau lebih cepat dua jam dibandingkan pada hari pertama empat anak pertama dikeluarkan.

"Kemarin, operasi penyelamatan kami mulai pukul 10.18 pagi dan kami mengirim anak terakhir ke rumah sakit pukul 21.30 malam atau sekitar 11 jam."

"Hari ini, misi kami mulai pukul 11.00 pagi dan selesai pukul 20.00 malam, selama 9 jam," ujarnya.

Mengenai kondisi lima anak yang masih terjebak, Narongsak mengatakan, mereka masih dalam kondisi baik, menurut dokter.

Operasi penyelamatan mereka akan dilanjutkan pada Selasa (10/7/2018) dan malam ini tim akan membahas rencana penyelamatan untuk esok hari.

"Kami akan mulai mempersiapkan untuk operasi penyelamatan berikutnya dan kami percaya semua akan berjalan lebih baik dari hari ini dan akan berjalan sukses," tambahnya.

Baca juga: 5 Kisah Tragis Manusia Terperangkap di Dalam Goa

Sebelumnya, misi evakuasi juga ditangguhkan sekitar 10 jam pada hari Minggu seusai tim berhasil mengeluarkan empat anak pertama.

Otoritas terkait masih menolak memberikan konfirmasi terkait nama-nama anak yang telah dapat dikeluarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com