Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Meksiko Terpilih Ingin Hentikan Impor BBM dalam Tiga Tahun

Kompas.com - 09/07/2018, 17:57 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Al Arabiya

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Presiden Meksiko terpilih Andres Manuel Lopez Obrador menargetkan untuk dapat mengakhiri impor bahan bakar secara besar-besaran oleh negaranya dalam tiga tahun pertama pemerintahannya.

Selama ini Meksiko menjadi sangat bergantung dengan impor dari AS untuk memenuhi hampir seluruh kebutuhan bahan bakar minyak warga negaranya.

Namun sebelum dapat merealisasikan hal tersebut, Lopez Obrador harus lebih dulu memulihkan produksi minyak mentah di dalam negerinya yang terus mengalami penurunan selama beberapa tahun terakhir.

"Tujuan akhirnya adalah untuk berhenti membeli bahan bakar asing dalam setengah jangka waktu pemerintahan enam tahun saya," kata Lopez Obrador.

Baca juga: Presiden Terpilih Meksiko akan Undang Trump ke Pelantikannya

"Kami akan segera menghidupkan kembali aktivitas eksplorasi dan pengeboran sumur minyak kita sehingga kita memiliki minyak mentah," tambahnya.

Lopez Obrador yang juga kerap dijuluki dengan AMLO, singkatan dari nama lengkapnya, telah memenangi pemilihan presiden yang dilangsungkan Minggu (1/7/2018) lalu.

Selama masa kampanye, AMLO juga telah menyerukan pengurangan impor bahan bakar minyak dari luar negeri sebagai salah satu janji kampanyenya.

Mantan walikota Mexico City itu menegaskan, rencananya untuk dapat lepas dari ketergantungan akan bahan bakar asing, yang mayoritas didatangkan dari AS, tidak terkait dengan permasalahan diplomatik kedua pemerintahan.

Dikatakan AMLO, hal tersebut lebih kepada rencana jangka panjang untuk membangkitkan kembali produksi domestik minyak mentahnya.

Lopez Obrador juga menegaskan keinginannya untuk membangun satu atau dua kilang minyak berukuran sedang selama masa pemerintahannya yang akan dimulai usai pelantikan pada 1 Desember mendatang.

Dia bahkan telah membayangkan fasilitas penambangan minyak itu akan dibangun di pantai Teluk Tabasco atau kemungkinan di Campeche. Namun dia tidak menjelaskan bagaimana kilang minyak bernilai miliaran dolar itu akan dibiayai.

Sepanjang tahun ini, Meksiko telah mengimpor rata-rata 590.000 barel bensin dan 232.000 barel solar per hari. Demikian dilansir dari Al Arabiya.

Baca juga: Presiden Terpilih Meksiko akan Undang Trump ke Pelantikannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com