4 Remaja yang Lolos dari Goa Boleh Bertemu Keluarga, tapi... - Kompas.com

4 Remaja yang Lolos dari Goa Boleh Bertemu Keluarga, tapi...

Kompas.com - 09/07/2018, 17:53 WIB
Tim penyelam Angkatan Laut Thailand di gua Tham Long selama operasi penyelamatan 12 remaja laki-laki dan pelatih tim sepak bola yang terperangkap di goa di Taman Hutan Non Khun Nam Nang di distrik Mae Sai, provinsi Chiang Rai, Thailand. (AFP/AL Thailand) Tim penyelam Angkatan Laut Thailand di gua Tham Long selama operasi penyelamatan 12 remaja laki-laki dan pelatih tim sepak bola yang terperangkap di goa di Taman Hutan Non Khun Nam Nang di distrik Mae Sai, provinsi Chiang Rai, Thailand. (AFP/AL Thailand)

MAE SAI, KOMPAS.com - Otoritas Thailand mengatakan keempat remaja anggota tim sepak bola Mu Pa (Wild Boar) yang keluar dari Goa Tham Luang diperbolehkan bertemu orangtuanya.

Namun, keempat remaja itu tidak diizinkan untuk bersentuhan fisik dengan orangtuanya karena mereka masih melewati pemeriksaan lanjutan.

Keempat remaja tersebut berhasil keluar setelah militer dan penyelam profesional seluruh dunia menggelar operasi pada Minggu (8/7/2018).

Baca juga: Kondisi 1 dari 4 Remaja yang Keluar dari Goa Mengkhawatirkan

Dr Tongchai Lertwilairattanapong, Inspektur Departemen Kesehatan Thailand berujar, keempat remaja itu bisa bertemu keluarganya Senin (9/7/2018).

Tapi, dilansir The Straits Times via The Star, mereka hanya diizinkan bertemu dengan keluarga dalam jarak dua meter.

"Tidak diperbolehkan menyentuh, apalagi memeluk hingga hasil pemeriksaan darah dari laboratorium keluar," kata Lertwilairattanapong.

Selain pemeriksaan darah, para remaja tersebut juga menjalani tes urin, serta melakukan pemeriksaan sinar X paru-paru mereka.

Tim medis ingin memastikan keempat remaja yang berhasil keluar itu terbebas dari infeksi serius seperti leptospirosis maupun meliodosis.

Sementara itu, tim penyelamat telah kembali menggelar fase kedua operasi penyelamatan pada Senin siang waktu setempat.

Tim evakuasi yang dipimpin penyelam internasional bertugas untuk membawa keluar sembilan orang tersisa dari Goa Tham Luang.

Gubernur Chiang Rai sebagai ketua tim penyelamat, Narongsak Osottanakorn berujar, persiapan mereka untuk mengevakuasi anggota tim tersisa berjalan baik.

"Segala peralatan sudah tersedia. Tabung-tabung oksigen juga disiapkan. Saya bakal menunggu kabar baik dari tim," kata Osottanakorn dilansir AFP.

Sebelumnya, ke-12 remaja dan seorang pelatih mereka terjebak di Goa Tham Luang sejak 23 Juni, dan baru ditemukan Senin pekan lalu (2/7/2018).

Tim penyelamat harus bergelut dengan waktu karena hujan yang datang dikhawatirkan bakal semakin menggenangi goa sehingga menyulitkan proses evakuasi.

Baca juga: Begini Fakta Geografis Goa Tempat Tim Sepak Bola Remaja Terjebak


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X