Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/07/2018, 15:14 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un, dilaporkan mengirim surat kepada adik mendiang Pemimpin Kuba Fidel Castro, Raul Castro.

Media Korut KCNA seperti dikutip Yonhap memberitakan Minggu (8/7/2018), surat itu diberikan Wakil Ketua Partai Buruh, Ri Su Yong.

Ri datang ke Havana pekan lalu (5/7/2018), dan bertemu dengan Castro yang menjabat Sekretaris Pertama Partai Komunis Kuba.

Baca juga: Raul Castro Mundur Pekan Depan, Kuba Masuki Era Baru

Kedatangan Ri juga memberikan selamat kepada Miguel Diaz-Canel yang naik menjadi Presiden Kuba menggantikan Castro pada 19 April lalu.

Dalam laporan KCNA, Ri memberikan memberikan surat kepada Castro sekaligus berkata Kim menyampaikan salam hangat kepada pemimpin 87 tahun itu.

"Raul Castro mengucapkan terima kasih serta meminta Ri menyampaikan bahwa Castro juga menyampaikan salam hangat kepada Ketua Kim," demikian laporan KCNA.

Raul Castro menjadi presiden sejak 24 Februari 2008 menggantikan sang kakak Fidel, dan mundur pada 19 April lalu, serta menyerahkannya kepada Diaz-Canel.

Kunjungan tersebut merupakan manuver terbaru yang dilakukan Korut untuk meningkatkan hubungan dengan para sekutu tradisionalnya.

Maret dan Mei lalu, Kim mengunjungi China dan bertemu Presiden Xi Jinping. Itu merupakan kunjungan perdana Kim ke luar negeri sejak berkuasa di 2011.

Selain itu, Korut melakukan pemulihan hubungan antara lain dengan Korea Selatan (Korsel). Pada 27 April, Kim menjadi Pemimpin Korut pertama yang menginjakkan kakinya di Korsel ketika bertemu Presiden Moon Jae In.

Pertemuan di desa perbatasan Panmunjom tersebut merupakan Konferensi Tingkat Antar-Korea ketiga setelah 2000 dan 2007.

Puncaknya adalah ketika Kim bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Hotel Capella, Singapura, pada 12 Juni.

Baca juga: Kim Jong Un Ingin Ganti Buruh Pabrik dengan Robot

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Yonhap
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.