Kompas.com - 09/07/2018, 13:20 WIB

KOMPAS.com - Misi penyelamatan sekelompok remaja dan pelatih sepak bola mereka di dalam goa Tham Luang, Thailand, menuai perhatian luas dunia.

Setelah terperangkap selama 9 hari di goa yang banjir akibat hujan, penyelam menemukan mereka dalam keadaan hidup pada Senin (2/7/2018) malam.

Upaya evakuasi terus dilakukan untuk mengeluarkan mereka dari goa, sebelum hujan deras kembali menghambat misi penyelamatan tersebut.

Kejadian itu membuka kembali tentang kisah manusia yang terjebak di dalam goa. Berbeda dengan di Thailand, sebagian dari kisah terperangkap di goa justru berakhir tragis.

Berikut lima kisah manusia terperangkap di dalam goa:

Upaya penyelamatan John Odgen di Goa Mossdale, Inggris, pada 1967. (The Independent) Upaya penyelamatan John Odgen di Goa Mossdale, Inggris, pada 1967. (The Independent)
Bencana Mossdale

Saat itu pertengahan musim panas pada 1967. Sebanyak enam pria berada di kedalaman 3,2 km labirin goa Mossdale, Inggris, akibat hujan deras.

Selama beberapa jam, mereka memanjat dan merangkak di kegelapan dan lorong goa yang berangin. Mereka berusaha untuk menjelajahi bagian dunia yang tidak pernah diketahui sebelumnya.

Baca juga: Video Baru Perlihatkan Remaja yang Terjebak di Goa dalam Kondisi Sehat

Hujan deras membuat anak sungai di luar gunung meningkat sehingga airnya meluap sampai ke dalam gua.

John Odgen dan kelompoknya merangkak melalui terowongan sempit saat mendengar suara deru air deras di belakang mereka.

Ada celah sempit di bebatuan atas. Ogden mendorong dirinya di celah itu dan kepalanya sanggup mencapai ruang udara bagian atas.

Sementara, teman-temannya tewas sebab tidak ada ruangan lagi yang tersisa. Odgen terperangkap di celah sempit selama beberapa hari sampai seseorang menemukannya.

Namun, Odgen ditemukan dalam keadaan tak bernyawa.

Goa Sterkfontein

Seorang penyelam goa hilang dalam ekspedisinya di goa Sterkfontein, Johannesburg , Afrika Selatan, pada 1984. Dia ditemukan tewas akibat kelaparan setelah selama tiga pekan terjebak di goa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.