Kompas.com - 09/07/2018, 12:22 WIB

MAE SAI, KOMPAS.com - Operasi untuk mengeluarkan tim sepak bola remaja yang terjebak di Goa Tham Luang, Thailand, membuahkan hasil.

Dari 13 orang yang terperangkap sejak 23 Juni, tim gabungan militer Thailand dan penyelam profesional berhasl mengeluarkan empat remaja.

Proses evakuasi yang begitu rumit disebabkan kompleks goa yang disebut sangat berbahaya karen berliku bagaikan labirin menurut keterangan para penyelam.

Baca juga: Misi Penyelamatan Remaja Thailand di Goa Dapat Perhatian Bos SpaceX

Proses penyelamatan semakin berbahaya karena seorang penyelam yang notabene mantan anggota pasukan elite SEAL Angkatan Laut tewas diduga karena kekurangan oksigen.

Dikutip dari berbagai sumber, seperti inilah kondisi geografi Goa Tham Luang yang menyulitkan operasi evakuasi tim sepak bola Mu Pa (Wild Boar) itu.

1. Terletak di Perbatasan Thailand-Myanmar
Tham Luang merupakan kompleks goa yang luas. Terletak di Gunung Nang Non yang menjadi kawasan perbatasan antara Thailand dengan Myanmar.

Membentang sekitar 10 kilometer, Tham Luang mempunyai koridor sempit berliku naik turun yang tajam, menghubungkan ruang batu gamping besar dengan stalaktit.

Salah seorang penyelam yang ikut ke dalam operasi evakuasi membeberkan, kompleks goa Tham Luang tersebut seperti labirin yang membingungkan.

"Tempat ini merupakan yang paling berbahaya sejauh pengalaman kami, para penyelam profesional. Sangat menakutkan," kata penyelam anonim itu dilansir Reuters.

Adapun penyelam anonim lain seperti dikutip Gulf News menggambarkan, air yang ada di goa penuh lumpur sehingga pandangan menjadi nol.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.