Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi 1 dari 4 Remaja yang Keluar dari Goa Mengkhawatirkan

Kompas.com - 09/07/2018, 10:39 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Asia One

 

MAE SAI, KOMPAS.com — Satu dari empat remaja anggota tim sepak bola yang terperangkap di goa Tham Luang, Thailand, dilaporkan berada dalam kondisi mengkhawatirkan.

Jurnalis The Project TV, Lisa Wilkinson, dalam kicauannya di Twitter mengutip keterangan ahli medis Australia, dr Richard Harris, yang didatangkan untuk memantau kondisi tim itu.

Diwartakan Asia One pada Minggu (8/7/2018), dari pernyataan Harris, diputuskan bahwa yang dikeluarkan dari goa merupakan remaja yang kondisinya paling lemah.

Baca juga: Evakuasi Remaja Thailand Keluar dari Goa Dihentikan Sekitar 10 Jam

"Empat telah keluar, dengan satu orang di antaranya berada dalam 'kode merah' karena kondisinya mengkhawatirkan," terang Wilkinson.

Pernyataan ini bertolak belakang dengan apa yang disampaikan para penyelam yang berujar bahwa yang terkuat merupakan pertama keluar.

Asia One melaporkan, dua remaja yang berhasil keluar langsung dilarikan ke rumah sakit Chiang Rai Prachanukroh untuk mendapat perawatan intensif.

Remaja yang mendapat tanda "kode merah" karena kondisi yang sangat mengkhawatirkan tersebut dikabarkan mulai membaik.

Sebelumnya, ke-12 anggota tim sepak bola Mu Pa (Wild Boar) dan pelatihnya terperangkap di goa sejak 23 Juni, dan baru ditemukan 10 hari kemudian atau Senin (2/7/2018).

Operasi penyelamatan digelar dengan militer dan para penyelam profesional berkumpul untuk mengeluarkan mereka dai goa.

Tim penyelamat harus bergelut dengan waktu karena hujan yang datang dikhawatirkan bakal semakin menggenangi goa sehingga menyulitkan proses evakuasi.

Dalam upaya yang dimulai pada pukul 10.00 pagi waktu setempat pada Minggu, tim penyelam berhasil mengeluarkan empat anggota tim, bukan seperti yang sebelumnya dilaporkan.

Remaja pertama keluar dari air pukul 17.37 sore waktu setempat. Operasi bakal dilanjutkan kembali pada Senin (9/7/2018).

Baca juga: Cara Pelatih Jaga Tim Sepak Bola Remaja Terjebak di Goa Bertahan Hidup

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Asia One
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com