Kompas.com - 08/07/2018, 21:16 WIB

MAE SIN, KOMPAS.com - Sebanyak ekost dari13 orang yang terjebak di dalam goa Tham Luang, di Thailand, selama lebih dari dua pekan berhasil dikeluarkan pada Minggu (8/7/2018).

Diwartakan AFP, dua remaja laki-laki pertama muncul pada senja hari dari kompleks goa, setelah mereka melalui rute berbahaya sejauh empat kilometer melalui lorong berliku, sempit, dan tajam.

Tak lama kemudian, dan dua lainnya keluar dari goa. Mereka semua langsung dilarikan ke rumah sakit. Sebelumnya, dilaporkan enam orang dari kelompok tersebut telah keluar dari goa. Namun, kemudian dikonfirmasi ada empat yang berhasil keluar.

Baca juga: Cara Pelatih Jaga Tim Sepak Bola Remaja Terjebak di Goa Bertahan Hidup

Penyelam elit asing dan Angkatan Laut Thailand pada Minggu (8/7/2018) pagi memulai operasi pengamanan di sekitar kompleks goa untuk mengeluarkan 12 remaja dan pelatih sepak bola mereka.

Tim penyelamat berlomba dengan waktu, sebab hujan lebat diperkirakan turun sehingga dapat memicu banjir yang akan menghancurkan misi penyelamatan.

"Hari ini adalah hari H. Anak-anak siap menghadapi tantangan apa pun," kata kepala tim penyelamat Narongsak Osattanakorn kepada wartawan, Minggu pagi.

Tim sepak bola remaja dan pelatihnya terperangkap di ruang sempit yang jauh di dalam goa Tham Luang, wilayah pegunungan di Thailand utara, sejak 23 Juni 2018.

Mereka masuk setelah latihan sepak bola, dan air mengisi ruangan goa akibat hujan deras sehingga membuat mereka terjebak.

Sebelumnya, Narongsak menyatakan misi penyelamatan tersebut sebagai "Mission Impossible", sebab petugas harus berhati-hati membawa mereka keluar dari goa.

Misi penyelamatan yang terjadi dengan cepat untuk mengeluarkan para remaja dari goa mengejutkan salah satu komandan militer. Upaya evakuasi tersebut awalnya diperkirakan bakal memakan waktu beberapa hari.

Baca juga: Ayam Goreng hingga Jus, Begini Keinginan Tim yang Terjebak di Goa

Seperti diketahui, sekelompok remaja tersebut ditemukan dalam keadaan berantakan dan kelaparan oleh pakar penyelam goa asal Inggris, setelah terjebak selama 9 hari di goa.

Kedua penyelam tersebut memberanikan diri untuk masuk lebih jauh ke dalam goa.

Kematian seorang penyelam yang juga mantan AL Thailand karena kehabisan oksigen pada Jumat lalu menandai bahaya yang mengintai dalam perjalanan keluar goa, bahkan untuk seorang profesional sekali pun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.