Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ibu dan Ayah Ingin Melihat Wajahmu Sekali Lagi Nak"

Kompas.com - 07/07/2018, 21:28 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC

MAE SAI, KOMPAS.com - Para orangtua tim sepak bola remaja Thailand yang dua pekan terperangkap di Goa Tham Luang sejak 23 Juni lalu mengirim surat kepada anak-anak mereka.

Surat tersebut merupakan balasan setelah 12 remaja berusia antara 11-16 tahun dan seorang pelatih 25 tahun mengirimkan pesan yang dirilis angkatan laut Thailand.

Dilansir BBC Sabtu (7/7/2018), dalam surat tersebut orangtua tim mengatakan kepada anak mereka untuk tidak khawatir, dan bahwa mereka sudah menunggu di depan goa.

Baca juga: Ayam Goreng hingga Jus, Begini Keinginan Tim yang Terjebak di Goa

Selain itu, para orangtua juga berkata mereka tidak menyalahkan Ekkapol Chanthawong, pelatih tim "Wild Boar" yang ikut terjebak bersama mereka.

Berikut merupakan surat balasan dari orangtua tim sepak bola remaja itu kepada anak mereka dan pelatih Chanthawong.

1. Untuk Mark
Nak, ibu sudah datang dan kini menunggumu di depan goa. Ibu rindu padamu. Jangan merasa khawatir. Ibu sayang kepada Mark. Jaga dirimu ya.

2. Untuk Night
Ayah dan Ibu menunggumu agar kita bisa mengatur pesta ulang tahunmu. Nak, engkau harus kuat. Ibu tahu kau pasti bisa. Ayah dan Ibu, Kak Nam, Kakek, Nenek, dan keluarga yang lain menyemangatimu. Kami sayang kepadamu.

3. Untuk Nick
Jaga dirimu baik-baik. Ayah Beeh, Ibu Nang, dan saudaramu Bonus menunggumu kembali.

4. Untuk Bew
Ayah dan Ibu merindukanmu nak. Kami selalu mencintaimu.

5. Untuk Pong
Jaga dirimu dan jangan lemah. Ayah, Ibu, dan semuanya menunggumu dan berharap engkau pulang dengan selamat.

Untuk pelatih Ake (panggilan Chanthawong), jangan terlalu merasa bersalah. Kami para orangtua berterima kasih Anda sudah merawat ke-12 putra kami.

Baca juga: Bantu Selamatkan Remaja Terjebak di Goa, Seorang Penyelam Tewas

6. Untuk Mig
Jangan ada yang menyerah. Kami bakal menunggu kalian di depan gua. Kakek Lek berharap Mig selalu sehat. Tidak akan ada yang bakal menyalahkanmu.

7. Untuk Tun
Tun, Ibu menunggumu di depan goa. Ibu sayang dan merindukanmu anakku. Engkau harus sabar dan tetap berjuang. Kau pasti bisa, saya percaya. Saya selalu mendukungmu. Ayahmu sangat merindukanmu dan dia berharap kau baik-baik saja. Kami menyayangimu.

8. Untuk Ake
Bibi menunggumu di depan goa keponakanku. Jangan terlalu dipikirkan. Tidak ada yang menyalahkanmu. Bibi, Nenek, dan saudara-saudaramu memintamu untuk tetap berjuang.

Ake, ini ibu Tun. Saya mohon tetaplah kuat. Cintailah dan jagalah mereka saat ini. Saya juga menunggumu di depan goa. Tolong, bawa anak-anak keluar.

9. Untuk Adul
Ibu dan ayah ingin melihat wajahmu lagi nak. Kami berdoa kepadamu dan teman-temanmu sehingga kita bisa bertemu kembali. Setelah berhasil keluar, engkau harus berterima kasih kepada semua orang yang sudah membantumu.

Baca juga: Bolak-balik ke Lokasi 12 Remaja di Goa, Penyelam Butuh Waktu 11 Jam

Untuk pelatih Ake, saya berterima kasih karena Anda sudah menjaga anak-anak dan berusah membuat mereka tetap selamat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com