Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Korut, Menlu AS Bahas Komitmen Denuklirisasi Kim Jong Un

Kompas.com - 06/07/2018, 15:58 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

PYONGYANG, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo dilaporkan sudah tiba di Korea Utara (Korut).

Kedatangan Pompeo adalah untuk memastikan kembali komitmen denuklirisasi yang dibuat oleh Korut selepas pertemuan 12 Juni lalu.

Dilaporkan AFP Jumat (6/7/2018), setibanya di Pyongyang, Pompeo disambut pejabat senior Korut Kim Yong Chol, dan Menlu Ri Yong Ho.

Baca juga: Korea Utara Peringatkan Jepang Tak Campuri Urusan Denuklirisasi

Total, ini merupakan kedatangan ketiga Pompeo ke Korut sejak Presiden Donald Trump menjabat pada Januari 2017 lalu.

Adapun kunjungan ini adalah kedatangan kedua yang dilakoni Pompeo sejak dia dilantik sebagai menlu pada 26 April lalu.

Kepada awak media saat di Jepang, Pompeo berkata Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong Un telah berkomitmen untuk melakukan denuklirisasi utuh.

Jadi, dia diberi tugas menegosiasikan rencana yang bisa membuat Kim benar-benar mengumumkan penghentian program senjata nuklir, dan tenggat waktu pelaksanaan.

"Di kunjungan ini, saya bermaksud mencari detil komitmen dan melanjutkan momentum implementasi yang dijanjikan dua pemimpin," tutur Pompeo.

"Saya harap Republik Rakyat Demokratik Korea juga siap untuk meneruskan komitmen tersebut," lanjutnya merujuk kepada nama resmi Korut.

Mantan direktur badan intelijen pusat (CIA) itu menegaskan Washington bakal meneruskan sanksi dan tekanan ekonomi kepada Korut.

Sebab, dia yakin sanksi ekonomi tersebut berhasil memaksa negara komunis tersebut untuk melakukan perundingan di Singapura.

Setelah dari Korut, Pompeo bakal bertolak menuju Tokyo, Jepang, dan bakal menggelar pertemuan dengan Menlu Taro Kono dan Menlu Korea Selatan (Korsel), Kang Kyung Wha.

Baca juga: AS Bakal Beri Korut Tenggat Waktu Lakukan Denuklirisasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com