Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perubahan Cuaca Bikin Jalan Aspal di Wilayah Australia Meleleh

Kompas.com - 05/07/2018, 16:19 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

BRISBANE, KOMPAS.com - Perubahan cuaca membuat jalan aspal meleleh di Queensland utara, Australia, sehingga menempel pada ban kendaraan yang lewat.

Dilansir dari ABC News, Kamis (5/7/2018), insiden tersebut membuat kekacauan lalu lintas di Jalan Malanda Millaa Millaa dan kerusakan pada ban kendaraan.

Jalan yang terletak di Atherton Tableland, kota Cairns, kini telah ditutup.

Sebanyak 50 pengendara berhak menerima kompensasi atas melelehnya aspal yang terjadi pada Selasa lalu.

Baca juga: Beri Makan Hiu, Perempuan di Australia Hampir Kehilangan Jarinya

"Saya belum pernah melihat yang seperti ini dan ketika laporan mulai datang kemarin, ini seperti tidak masuk akal," kata wali kota setempat Joe Paronella.

Jalan aspal meleleh disebabkan oleh perubahan cuaca, dan perbaikan jalan yang baru selesai dikerjakan pada pekan lalu oleh kontraktor COLAS Australia.

Direktur Departemen Transportasi dan Jalan Utama setempat, Sandra Burke, mengatakan cuaca yang sangat panas menyebabkan permukaan jalan meleleh.

"Kami menghadapi kondisi cuaca sangat panas di Jalan Malanda Millaa Millaa. Kemudian kombinasi cuaca dingin dan basah serta panas kemarin menyebabkan situasi ini terjadi," katanya.

Burke menyatakan, departemen transportasi akan menawarkan kompensasi bagi setiap kendaraan atau kerusakan properti yang disebabkan oleh pekerjaan konstruksi.

"Semua klaim untuk kompensasi akan dinilai berdasarkan kasus per kasus," ucap Burke.

Penduduk setempat, Deborah Stacey, mengatakan ada lelehan aspal yang menempel di kendaraan terjadi di tengah cuaca panas yang diikuti cuaca dingin dan hujan selama beberapa hari.

"Selama sepekan, kaca jendela retak. Kemudian begitu matahari terbit, aspal mulai menempel di ban," katanya, kepada Courier Mail.

Baca juga: Kota di Australia Ini Bakal Dijual Seharga Rp 5 Miliar

Pemilik layanan servis mobil terdekat, Vince Whalley, mengatakan sekitar belasan pelanggan ditanganinya karena kendaraan mereka membutuhkan ban baru, setelah melintasi jalan aspal yang meleleh.

"Ban menjadi sangat tidak aman. Aspal di ban itu juga membuat bumper longgar, merusak panel di bawahnya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com