Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan AS ke Trump

Kompas.com - 05/07/2018, 11:57 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Newsweek

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat Hari Kemerdekaan Amerika Serikat (AS) kepada Presiden Donald Trump.

Kabar itu disampaikan juru bicara kepresidenan, Dmitry Peskov, jelang pertemuan Trump dan Putin di Helsinki, Finlandia, pada 16 Juli nanti.

"Putin sudah mengirim ucapan selamat kepada Trump lewat telegram," kata Peskov dilansir TASS via Newsweek Rabu (4/7/2018).

Baca juga: Trump akan Bertemu Putin di Helsinki pada 16 Juli

Pertemuan di Helsinki merupakan yang ketiga bagi mereka, sekaligus kunjungan bilateral AS-Rusia pertama sejak Trump menjabat pada Januari 2017.

Sejak Trump menjadi orang nomor satu di AS, dia sering memuji Putin dan menyebut ingin memperbaiki hubungan AS dan Rusia yang tegang saat era Presiden Barack Obama.

Trump dan Putin pertama kali bertemu pada pertemuan G20 di Hamburg, Jerman pada Juli 2017. Kemudian Forum APEC di Danang, Vietnam, November 2017.

Newsweek memberitakan, pertemuan Trump dan Putin bakal membahas soal keputusan Trump keluar dari perjanjian nuklir Iran, masalah Korea Utara (Korut).

Kemudian mengulas sanksi AS kepada Rusia yang semakin meningkat, dan solusi untuk memulihkan hubungan kedua negara, hingga masalah di Suriah.

Pekan lalu, CNN memberitakan Trump memberi tahu Raja Yordania Abdullah II bahwa dia berniat untuk segera menarik pasukan AS dari Suriah.

Pemberitaan lain menyebutkan Trump berniat untuk meminta bantuan Putin agar mengusir Iran dari Suriah, yang notabene adalah sekutu utama Presiden Bashar al-Assad.

Lebih lanjut, baik Rusia dan AS telah melakukan persiapan di level diplomatik jelang pertemuan Trump dan Putin di Helsinki.

Pekan lalu, Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton mengunjungi Putin di Moskwa. Kemudian dua panglima angkatan bersenjata kedua negara juga bertemu.

Baca juga: Pertemuan Kedua Trump-Kim Direncanakan Digelar di New York

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com