Kompas.com - 04/07/2018, 19:24 WIB
|

PHNOM PEHN, KOMPAS.com - Pemerintah Kamboja, Rabu (4/7/2018), membuka bagian terakhir jaringan rel kereta api dari ibu kota Phnom Penh ke perbatasan Thailand.

Ini adalah kali pertama jalur kereta api antara kedua negara kembali dibuka setelah tak beroperasi selama 45 tahun.

Bank Pembangunan Asia (ADB) mengucurkan dana 13 juta dolar AS atau sekitar Rp 186 miliar pada 2009 untuk membangun kembali jalur yang rusak dengan tujuan memangkas jarak tempuh perjalanan dan meningkatkan perdagangan kedua negara.

Baca juga: Dua Korea Bahas Penghubungan Jalur Kereta Api di Perbatasan

Menteri Transportasi Kamboja Sun Chanthor mengatakan, sebuah rangkaian kereta api sudah beroperasi pada Rabu pagi dari provinsi Pursat menuju Phnom Pehn.

Jalur ini merupakan bagian terakhir antara kedua negara yang baru selesai dibangun kembali.

"Ini adalah hari bersejarah bagi kedua negara," kata Chantol.

Kamboja dan Thailand masih harus membuat kesepakatan soal kereta api yang akan melintasi perbatasan, dan Chanthol berharap kesepakatan bisa segera dicapai dalam waktu dekat.

Sebagian besar jalur kereta api Kamboja, yang dibangun di masa penjajahan Perancis, hancur akibat perang saudara yang mencengkeram negeri itu selama masa Perang Dingin.

Jalur sepanjang 48 kilometer dari kota perbatasan Poipet hancur akibat perang pada 1973.

Baca juga: Tiga Orang Diduga Seniman Grafiti Tewas Tersambar Kereta Api di London

Sementara jalur lain hingga ke ibu kota ditutup selama lebih dari satu dekade karena kondisinya yang amat buruk.

Secara total, Kamboja memiliki lebih dari 600 kilometer rel kereta api yang membentang dari perbatasan Thailand di sisi utara hingga ke kawasan pesisir di selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.