Kompas.com - 03/07/2018, 19:13 WIB

TEL AVIV, KOMPAS.com - Israel telah membentuk dan meresmikan badan militer khusus untuk menghadapi Iran. Demikian diberitakan media berbahasa Ibrani, Maariv, Selasa (3/7/2018).

Dilaporkan media tersebut, badan khusus anti-Iran tersebut dipimpin oleh kepala komando pusat, Mayor Jenderal Nitzan Alon yang menjadi direktur.

Sebelumnya, Alon diketahui berada di AS akhir pekan lalu dan menghadiri pertemuan dengan para pejabat senior militer AS, termasuk Kepala Staf Angkatan Darat AS Joseph Manford.

Baca juga: Iran: Israel Telah Mencuri Awan dan Salju Kami

Ini menjadi kali pertama tentara Israel menunjuk seorang pemimpin untuk menghadapi Iran.

Melansir Middle East Monitor, badan khusus tersebut bertugas mengkoordinasikan langkah-langkah guna menghadapi proyek nuklir Iran.

Badan tersebut juga menfokuskan pada pengumpulan informasi intelijen, memerangi pendudukan Iran di Suriah, serta berkoordinasi dengan AS dalam menjalankan tugas-tugas tersebut.

"Alon juga akan bertanggung jawab dalam hubungan antara pembentukan pertahanan Israel dengan Amerika," tulis Maariv.

"AS dengan Israel telah berkoordinasi dengan erat dalam mengatasi permasalahan Iran. Kedua negara juga secara terang-terangan mengungkapkan keinginan untuk menggulingkan rezim Ayatollah Khamenei," lanjut laporan media tersebut.

Pemerintah Israel telah berulang kali menyerukan sanksi terhadap Iran. Tel Aviv juga mendukung langkah AS yang mundur dari kesepakatan nuklir Iran 2015 yang dianggap cacat dan tak menghalangi Iran dalam membangun kekuatan misil dan nuklirnya.

Baca juga: Israel Menutup Pintu Perbatasan bagi Pengungsi Suriah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.