Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Bentuk Badan Militer Khusus Anti-Iran

Kompas.com - 03/07/2018, 19:13 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

TEL AVIV, KOMPAS.com - Israel telah membentuk dan meresmikan badan militer khusus untuk menghadapi Iran. Demikian diberitakan media berbahasa Ibrani, Maariv, Selasa (3/7/2018).

Dilaporkan media tersebut, badan khusus anti-Iran tersebut dipimpin oleh kepala komando pusat, Mayor Jenderal Nitzan Alon yang menjadi direktur.

Sebelumnya, Alon diketahui berada di AS akhir pekan lalu dan menghadiri pertemuan dengan para pejabat senior militer AS, termasuk Kepala Staf Angkatan Darat AS Joseph Manford.

Baca juga: Iran: Israel Telah Mencuri Awan dan Salju Kami

Ini menjadi kali pertama tentara Israel menunjuk seorang pemimpin untuk menghadapi Iran.

Melansir Middle East Monitor, badan khusus tersebut bertugas mengkoordinasikan langkah-langkah guna menghadapi proyek nuklir Iran.

Badan tersebut juga menfokuskan pada pengumpulan informasi intelijen, memerangi pendudukan Iran di Suriah, serta berkoordinasi dengan AS dalam menjalankan tugas-tugas tersebut.

"Alon juga akan bertanggung jawab dalam hubungan antara pembentukan pertahanan Israel dengan Amerika," tulis Maariv.

"AS dengan Israel telah berkoordinasi dengan erat dalam mengatasi permasalahan Iran. Kedua negara juga secara terang-terangan mengungkapkan keinginan untuk menggulingkan rezim Ayatollah Khamenei," lanjut laporan media tersebut.

Pemerintah Israel telah berulang kali menyerukan sanksi terhadap Iran. Tel Aviv juga mendukung langkah AS yang mundur dari kesepakatan nuklir Iran 2015 yang dianggap cacat dan tak menghalangi Iran dalam membangun kekuatan misil dan nuklirnya.

Baca juga: Israel Menutup Pintu Perbatasan bagi Pengungsi Suriah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com