Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Selatan Lakukan Diplomasi Basket ke Korea Utara

Kompas.com - 03/07/2018, 18:23 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Selatan kembali mengirimkan delegasinya ke Korea Utara dalam rangka memperbaiki hubungan kedua negara. Kali ini, Seoul mengirimkan delegasi yang terdiri dari 50 pemain basket.

Melansir dari AFP, Menteri Unifikasi Korea Selatan, Cho Myoung-gyon akan menjadi pemimpin delegasi atlet ke Pyongyang kali ini. Delegasi tersebut telah diberangkatkan pada Selasa (3/7/2018).

Ini menjadi kali pertama pejabat tinggi Korea Selatan kembali berkunjung ke Pyongyang pascapertemuan puncak antara Presiden AS Donald Trump dengan Pemimpin Korut Kim Jong Un di Singapura bulan lalu.

Cho menolak berkomentar mengenai kunjungannya ke Pyongyang kali ini maupun agenda selama berada di Korea Utara, apakah dia akan bertemu dengan pemimpin Kim.

Baca juga: Delegasi Dua Korea Bahas Rencana Reuni Keluarga yang Terpisah

Ada kemungkinan Cho juga bakal bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo yang akan berkunjung ke Pyongyang pada Kamis (5/7/2018) pekan ini.

Hanya diketahui agenda utama delegasi atlet kali ini adalah menggelar pertandingan persahabatan dengan Korea Utara. Total sebanyak empat pertandingan yang dilangsungkan sebelum delegasi kembali ke Korsel pada Jumat (6/7/2018).

"Kami berharap pertandingan persahabatan ini akan dapat lebih meningkatkan perdamaian di Semenanjung Korea," kata Cho.

Basket telah lama menjadi olahraga kegemaran Kim Jong Un. Pemimpin Korea Utara itu bahkan bersahabat dengan mantan pebasket terkenal Dennis Rodman, yang sempat beberapa kali berkunjung ke Pyongyang.

Laga basket persahabatan juga pernah digelar di Pyongyang pada 2003 dalam sebuah pertandingan yang disponsori kelompok bisnis Hyundai.

Salah satu anggota delegasi kali ini yakni pelatih Hur Jae juga ikut saat pertandingan persahabatan pada 2003 lalu.

Diplomasi bidang olahraga telah berperan besar dalam membantu mencairkan hubungan kedua negara yang secara teknis masih berperang itu.

Kedua Korea sebelumnya telah mengirimkan delegasi bersama dalam ajang Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan, pada Februari lalu.

Berikutnya kedua negara telah sepakat kembali menurunkan tim gabungan dalam tiga cabang olahraga, yaitu kano, dayung dan basket putri di Asian Games di Indonesia pada Agustus mendatang.

Baca juga: Korea Utara dan Selatan Sepakat Segera Pulihkan Jalur Komunikasi Miiter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com