Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Sepak Bola Remaja yang Hilang di Goa di Thailand Ditemukan Selamat

Kompas.com - 02/07/2018, 23:45 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

CHIANG RAI, KOMPAS.com — Sekelompok anak anggota tim sepak bola dan seorang pelatih mereka yang sempat hilang di dalam goa di Thailand utara akhirnya dapat ditemukan dalam kondisi selamat setelah dilakukan pencarian selama sembilan hari.

Seluruh 12 anak anggota tim sepak bola dan seorang pelatih mereka yang berusia 25 tahun  dipastikan selamat.

"Kami menemukan semuanya, ke-13 orang tersebut dalam kondisi aman. Kami akan mengurus mereka hingga mereka dapat kembali bergerak sendiri," kata Gubernur Provinsi Chiang Rai, Narongsak Osottanakorn, kepada wartawan, Senin (2/7/2018).

Upaya pencarian terhadap tim sepak bola remaja yang hilang di dalam goa Tham Luang di Thailand tersebut berlangsung selama sepekan.

Baca juga: Tim Sepakbola Remaja Terjebak 72 Jam di Dalam Gua Terlarang Thailand

Tim penyelamat gabungan dari China dan Australia turut membantu upaya pencarian dengan total melibatkan hingga lebih dari 1.000 petugas, termasuk dari militer AS dan pakar goa asal Inggris.

Sebanyak 13 orang, terdiri dari 12 anak laki-laki yang merupakan anggota tim sepak bola dan seorang pelatih berusia 25 tahun, dilaporkan hilang saat mengunjungi goa di Tham Luang Nang Non, Thailand utara, sejak 23 Juni lalu.

Mereka hilang setelah terjadi hujan deras yang membuat mereka terjebak di dalam goa setelah level air yang naik.

Pada Senin (2/7/2018), penyelam yang dikerahkan meyakini telah semakin dekat dengan lokasi kelompok tersebut berlindung.

Penyelam mendekati area kering yang tinggi di Pantai Pattaya, beberapa kilometer dari pintu masuk goa.

Baca juga: Hilang Sepekan di Goa Thailand, Tim Sepak Bola Remaja Belum Ditemukan

Harapan sempat menipis untuk dapat menemukan mereka dalam keadaan hidup. Namun, Gubernur Provinsi Chiang Rai, Narongsak Osottanakorn, meyakini masih ada kemungkinan penyelam dapat segera mencapai titik lokasi keberadaan mereka.

Anak-anak anggota tim sepak bola tersebut berusia antara 11 hingga 16 tahun. Mereka terjebak saat mengunjungi sebuah obyek wisata labirin goa yang populer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com