Kompas.com - 02/07/2018, 21:38 WIB

GAZA, KOMPAS.com - Sejumlah warga Palestina yang sedang melakukan aksi di perbatasan Gaza kembali menunjukkan keberanian mereka dengan melakukan tarian tradisional dabke meski ada ancaman mereka bakal terkena tembakan dari tentara Israel.

Melansir dari The New Arab, sebuah video yang menunjukkan saat para pemuda Palestina itu menari dabke dengan latar belakang kepulan asap menjadi viral usai diunggah ke media sosial.

Tarian dabke yang diiringi lagu rakyat tradisional yang disebut zarif al-tool biasa ditampilkan di pesta pernikahan atau acara perayaan lainnya.

Namun dalam video tampak seorang gadis remaja yang menari di depan beberapa pemuda. Mereka tampak tak menghiraukan situasi di sekitar mereka, termasuk adanya ancaman peluru mengenai mereka.

Baca juga: Wanita AS Berusia 85 Tahun Menjadi Relawan Kemanusiaan di Jalur Gaza

Aksi kaum muda Palestina di perbatasan Gaza itu tentu berbahaya mengingat telah banyak korban dari warga sipil yang terkena peluru dari tentara Israel tanpa memperhatikan latar belakang warga tersebut.

Seperti sebelumnya, saat seorang relawan perempuan perawat Razan al Najjar yang tewas setelah tertembak pada 1 Juni lalu saat bertugas merawat korban bentrokan di Khan Younis.

Warga Palestina telah melakukan aksi protes di perbatasan sejak 30 Maret dalam aksi yang mereka beri nama The Great Return March.

Aksi tersebut dilakukan warga Palestina yang menuntut hak untuk kembali ke rumah dan tempat tinggal mereka di wilayah yang kini diduduki Israel.

Aksi juga dilakukan untuk memprotes blokade Gaza oleh Israel yang telah berlangsung selama lebih dari satu dekade, sejak kelompok Hamas memegang kendali Gaza pada 2007.

Setidaknya telah ada 145 orang Palestina yang menjadi korban tewas, sementara puluhan ribu lainnya luka-luka sejak dimulainya aksi protes.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.