Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus di India Terjun dari Ketinggian 200 Meter, 48 Orang Tewas

Kompas.com - 01/07/2018, 16:51 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

DHUMAKOT, KOMPAS.com - Sebanyak 48 orang tewas dan beberapa lainnya terluka akibat bus yang mereka tumpangi terjun ke jurang dari ketinggian 200 meter di wilayah Dhumakot, Uttarakhand, kawasan Himalaya, India.

Dilansir dari Times of India, Minggu (1/7/2018), korban yang meninggal terdiri dari 22 pria, 16 perempuan, dan 10 anak-anak.

Bus yang membawa sekitar 60 penumpang sedang dalam perjalanan ke Ramnagar. Namun, bus malah jatuh ke jurang.

Baca juga: Pesawat Terbang Ringan Jatuh di India, Lima Orang Tewas

Helikopter penyelamat tidak bisa mendarat ke area kecelakaan karena jarak pandang yang buruk.

"Bus kehilangan kendali dan membelok dari jalan, menuju ke lembah yang dalam," kata pejabat penanggulangan bencana, Deepesh Chandra Kala kepada AFP.

Menurut keterangannya, bus terbelah menjadi dua bagian akibat benturan keras. Gambar yang diambil dari tempat kejadian menunjukkan, bagian bawah kendaraan rusak parah.

Sementara, bagian atap bus terpisah dari badan kendaraan besar tersebut.

Perdana Menteri India Narendra Modi menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan. Dia mengaku sangat sedih atas berita kecelakaan itu.

"Saya berdoa agar mereka yang terluka dapat pulih dengan cepat. Operasi penyelamatan sedang berlangsung dan pihak berwenang menyediakan semua bantuan di lokasi kecelakaan," kicaunya.

Pihak kepolisian belum dapat menjelaskan secara rinci mengenai penyebab kecelakaan.

Namun, India memang memiliki beberapa jalan paling mematikan di dunia dan nyawa kerap melayang di area utara pegunungan India.

Baca juga: Dikejar dan Diusir Manusia, Gajah di India Stres

Lebih dari 150.000 orang tewas dalam kecelakaan setiap tahunnya di India, dengan sebagian besar kematian disebabkan oleh kondisi jalan yang buruk, kendaraan tidak terawat, dan pengemudi yang sembrono.

Pada April lalu, bus yang mengangkut pelajar ke rumah mereka di negara bagian Himachal Pradesh jatuh ke dalam jurang sehingga menewaskan 30 orang, termasuk 27 anak-anak.

Masih pada bulan yang sama, 21 orang tewas ketika truk yang mereka tumpangi jatuh dari jembatan di negara bagian Madhya Pradesh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com