Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delapan Kota di Suriah Selatan Kembali di Bawah Kendali Rezim Pemerintah

Kompas.com - 30/06/2018, 21:44 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

DARAA, KOMPAS.com - Setidaknya delapan kota yang dikuasai pemberontak di Suriah selatan, telah kembali berada di bawah kontrol rezim pemerintah Bashar al-Assad setelah tercapai kesepakatan yang diperantarai Rusia.

Pasukan rezim yang didukung Rusia telah melancarkan serangan dan membombardir kawasan Suriah selatan sejak 19 Juni bertujuan mengambil alih kawasan strategis yang berbatasan dengan Yordania dan Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

Kesepakatan untuk delapan kota di Provinsi Daraa itu tercapai meski terjadi serangan udara oleh rezim yang menghantam kawasan yang dikuasai oposisi di dekatnya.

"Setidaknya delapan kota di utara dan timur Daraa telah menyetujui perjanjian rekonsiliasi usai pembicaraan di setiap kota."

Baca juga: Rusia Beri Pemberontak Suriah di Daraa 12 Jam untuk Menyerah

"Pembicaraan yang dilakukan antara petinggi militer Rusia dengan tokoh lokal dan perwakilan pemberontak yang tersisa," kata Kepala Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, Rami Abdel Rahman dilansir AFP.

Kesepakatan tersebut menjadi yang terkini dalam serangkaian perjajian rekonsiliasi yang telah dilakukan di seluruh penjuru Suriah untuk mengembalikan kendali wilayah yang diduduki oposisi ke pemerintah rezim.

Tak jarang kesepakatan rekonsiliasi tercapai usai dilancarkan serangkaian serangan udara maupun darat yang mematikan.

Kesepakatan yang ditawarkan oleh rezim juga kerap disertai keharusan kelompok oposisi untuk menyerahkan persenjataan berat mereka dan mengizinkan anggota yang tersisa untuk dievakuasi menuju wilayah utara Suriah, yang dikuasai pemberontak.

Menurut kantor berita pemerintah, SANA, kesepakatan yang dicapai di antara untuk kota Dael, Ghariya Timur, Talul Khlaaf dab Tal al-Sheikh Hussein.

"Kota-kota tersebut telah kembali di bawah kendali rezim pemerintah setelah para gerilyawan menyerahkan persenjataan mereka kepada tentara pemerintah," tulis SANA.

Sementara, Observatorium menyebutkan, kota-kota lain yang telah kembali di bawah kontrol pemerintah Suriah yakni di kota Ibtaa, Ghariya Barat, Ummu Umar dan Karak Timur.

Baca juga: Militer Suriah Serang Wilayah Daraa, 45.000 Penduduk Melarikan Diri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com