Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran William Ziarah ke Makam Nenek Buyutnya di Yerusalem

Kompas.com - 29/06/2018, 09:43 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber Sky News

YERUSALEM TIMUR, KOMPAS.com - Pada akhir kunjungan bersejarah anggota keluarga Kerajaan Inggris ke Timur Tengah, Pangeran William menyempatkan diri ziarah ke makam nenek buyutnya, Putri Alice.

Dilansir dari Sky News, Kamis (28/6/2018), Pangeran William memberikan penghormatan kepada Putri Alice, yang dikenal karena upayanya menyelamatkan keluarga Yahudi dari kekejaman Nazi.

Putri Alice diakui oleh Israel atas keberaniannya menyembunyikan seorang ibu Yahudi dan beberapa anak-anaknya dari Nazi.

Baca juga: Pangeran William Akhiri Rangkaian Tur Timur Tengah di Masjid Al Aqsa

Di pintu masuk gereja, Pangeran William mengambil roti dan garam, yang sesuai dengan tradisi Ortodoks Rusia.

Kemudian ketika berada di makam, kakak dari Pangeran Harry ini meletakkan bunga yang dipetik dari kebun Philip Hall di Konsul Jenderal Inggris di Yerusalem.

Kepala Misi Gerejawi Rusia di Yerusalem, Pastor Roman, melafalkan doa untuk jiwa Putri Alice. Nampak Pangeran William menundukkan kepala ketika imam berdoa.

"Dia (Pangeran William) bilang, dia sangat terharu. Dia pasti tergerak untuk belajar lebih banyak tentang sejarah keluarganya dan memberikan penghormatan kepada nenek buyutnya di tempat suci," kata Pastor Roman.

Putri Alice menikah dengan Pangeran Andrew dari Yunani, dan meninggal pada 1969. Awalnya, dia dimakamkan di Gereja St George, Windsor Castle.

Kemudian, jasadnya dipindahkan pada 1988 untuk mengabulkan impiannya dikebumikan di Gereja St Marry Magdelene, di Bukit Zaitun, Yerusalem.

Baca juga: Bertemu Presiden Abbas, Pangeran William Sebut Palestina sebagai Negara

Sebelumnya, Pangeran William juga mengunjungi Tembok Barat dan mengikuti berbagai tradisi lama dengan menempatkan doa tertulis di celah dinding.

Kepala Rabbi Ephraim Mirvis mengatakan, kunjungan Pangeran William akan menjadi momen sejarah yang akan lama dikenang oleh orang Yahudi di seluruh dunia.

"Melihat raja masa depan datang untuk memberikan penghormatannya merupakan sikap persahabatan luar biasa," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com