Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump akan Bertemu Putin di Helsinki pada 16 Juli

Kompas.com - 28/06/2018, 20:01 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Kremlin bersama Gedung Putih mengumumkan agenda pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dengan Pemimpin Rusia Vladimir Putin yang akan dilangsungkan pada pertengahan bulan depan.

Dalam pengumuman yang dilakukan serentak oleh kedua belah pihak pada Kamis (28/6/2018), terungkap bahwa pertemuan Trump dengan Putin akan digelar di ibu kota Finlandia, Helsinki, pada 16 Juli mendatang.

"Kesepakatan telah dicapai bahwa pada 16 Juli mendatang di Helsinki akan dilangsungkan pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump," kata Kremlin.

Melalui pernyataan yang dirilis Gedung Putih, mengatakan pertemuan antara kedua pemimpin negara akan membahas situasi terkini dan peluang pengembangan hubungan antara Rusia dengan AS.

Baca juga: Trump Pertimbangkan Bertemu Putin pada Juli

"Kedua pemimpin juga akan memulai pembahasan terkait berbagai masalah keamanan nasional," tulis pernyataan Gedung Putih.

Trump pada Rabu (27/6/2018) sempat mengatakan, pertemuan dengan Rusia yang kemungkinan anak dilakukan usai agenda pertemuan pemimpin NATO pada 11-12 Juli dan ibu kota Finlandia menjadi lokasi yang paling memungkinkan.

Pengumuman pertemuan antara Moskwa dengan Washington tersebut dicapai usai sejumlah pendekatan yang dilakukan kedua pihak.

Sebelumnya, pada Rabu (27/6/2018), Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton telah bertemu dengan Presiden Putin di Moskwa, yang salah satunya membahas agenda pertemuan antara kedua pemimpin negara.

Asisten Kebijakan Luar Negeri Rusia, Yuri Ushakov, menyampaikan usai pertemuan Putin dengan Bolton, bahwa agenda pertemuan tingkat tinggi akan dilangsungkan di negara pihak ketiga dan waktu pertemuan beberapa pekan ke depan karena perlunya persiapan.

Agenda pertemuanya dengan Putin tersebut juga berurutan dengan rencana kunjungan Trump ke Inggris, yang dijadwalkan bakal bertemua Ratu Elizabeth II dan Perdana Menteri Theresa May pada 12-14 Juli.

Baca juga: Putin Bersedia Bertemu Trump di Negara Pihak Ketiga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com