Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Israel Resmi Cabut Larangan terhadap Wisatawan Indonesia

Kompas.com - 27/06/2018, 20:44 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

TEL AVIV, KOMPAS.com - Pemerintah Israel telah resmi membatalkan larangan bagi warga Indonesia memasuki negara itu. Keputusan itu menyusul langkah pemerintah Indonesia yang lebih dulu mengakhiri moratorium pembatasan visa bagi warga Israel.

Menurut Kementerian Luar Negeri Israel, Rabu (27/6/2018), bulan lalu Pemerintah Indonesia telah membatasi penerbitan visa bagi wisatawan Israel dalam kelompok.

Kebijakan itu sebagai protes atas tewasnya 110 warga Palestina oleh tembakan yang dilepaskan tentara Israel saat aksi demonstrasi yang berakhir bentrok di perbatasan Gaza.

Sebagai tindakan balasan, pemerintah Israel mengumumkan larangan terhadap wisatawan Indonesia memasuki wilayahnya mulai 9 Juni lalu, meski kemudian ditunda pemberlakuannya menjadi 26 Juni.

Baca juga: Larangan Turis Indonesia Masuk ke Israel Dicabut sampai 26 Juni 2018

Namun, pelaku industri pariwisata Israel memprotes kebijakan tit-for-tat yang dilancarkan Tel Aviv. Menurut mereka kebijakan itu hanya membahayakan industri pariwisata.

Melansir dari Times of Israel, sekitar 30.000 warga Indonesia mengunjungi negara itu setiap tahunnya dengan rata-rata menginap hingga lima hari.

Setelah melakukan komunikasi antara kedua negara melalui saluran internasional, akhirnya larangan terhadap wisatawan Indonesia resmi dibatalkan.

"Pembatasan visa terhadap wisatawan Indonesia ke Israel telah dicabut, bersamaan dengan pencabutan pembatasan Indonesia terhadap wisatawan Israel. Ini adalah kabar baik," tulis juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel Emmanuel Nahshon mengumumkan dalam akun Twitternya, Rabu (27/6/2018).

Indonesia merupakan negara dengan penduduk mayoritas Islam yang tak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Meski demikian kedua negara tetap menjalin hubungan kerja sama di bidang lain, termasuk pariwisata dan ekonomi.

Baca juga: Ekspor Indonesia ke Israel Didominasi Lemak Nabati dan Alas Kaki

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com