Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama 3 Tahun, Pria Ini Puja Trump sebagai Dewa

Kompas.com - 27/06/2018, 18:54 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Newsweek

HYDERABAD, KOMPAS.com - Seorang petani yang berasal dari daerah dekat Hyderabad, India, begitu memuja Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Tidak sekadar memuja dalam arti mengagumi. Pria bernama Bussa Krishna tersebut menjadikan presiden berusia 72 tahun itu sebagai dewa.

Dilansir Newsweek Rabu (27/6/2018), Krishna yang tinggal di desa Konne itu mulai mengagumi Trump sejak pemilihan presiden 2016.

Baca juga: Mengaku Titisan Dewa Wisnu, Pria Ini Bolos dari Pekerjaannya

Petani 31 tahun itu lalu membangun tempat pemujaan bagi presiden dari Partai Republik itu, dan mulai berdoa kepadanya setiap hari.

Selain berdoa beberapa kali, Krishna juga memberikan persembahan mulai dari bunga, hingga berdoa sambil menyalakan lilin di depan foto Trump.

Krishna juga membawa foto suami Melania Trump tersebut setiap kali dia hendak berbelanja, bekerja, atau melakukan kegiatan yang lain.

Kepada Australia's 9 News, Krishna mengaku dia sering mendapat cemoohan dari orang-orang karena memuji sosok yang kerap berkata kontroversial tersebut.

Bahkan, baik keluarga maupun tetangganya menyuruhnya untuk menemui psikolog karena mengira dia sudah kehilangan kewarasan.

Namun, Krishna tetap teguh dengan pendiriannya. "Trump adalah dewa saya, dan saya tidak terganggu dengan kritikan mereka," tegasnya.

"Saya memberikan segala doa, pujian, dan persembahan kepada Trump sama seperti yang kami lakukan kepada dewa lainnya," tambahnya.

Pemujaan tersebut membuat keluarganya jengah. Orangruanya dilaporkan muak kepadanya, dan memilih meninggalkan rumah mereka.

Salah satu tetangganya, Sathayalkshimi, mengatakan Krishna telah melakukan "ritual" tersebut sepanjang tiga tahun terakhir.

"Dia selalu berkata betapa dia mengagumi Trump, dan terus berkata Presiden AS itu adalah dewanya, dan bakal terus memujanya," tutur Sathayalkshimi.

Hindustan Times memberitakan, praktik menjadikan politisi maupun figur publik menjadi dewa bukanlah hal baru di India.

Sebuah kuil bagi Perdana Menteri Narendra Modi dilaporkan didirikan oleh para pendukungnya di Gujarat meski yang bersangkutan meminta tempat itu dihancurkan.

Baca juga: Atasi Krisis Uang Tunai, Pedagang di India Berdoa kepada Dewa ATM

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com