Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pangkalan Militer AS di Texas Siap Tampung Migran

Kompas.com - 26/06/2018, 10:02 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber Sky News

AUSTIN, KOMPAS.com - Militer Amerika Serikat sedang menyiapkan rumah penampungan migran di pangkalan AU Fort Bliss dan Goodfellow, di Texas.

Diwartakan Sky News, Senin (25/6/2018), Menteri Pertahanan AS James Mattis mengonfirmasi, kedua pangkalan militer tersebut akan digunakan untuk menampung migran yang telah ditahan karena masuk wilayah AS secara ilegal dari perbatasan Meksiko.

"Kami akan menyediakan dukungan apa pun yang dibutuhkan kementerian keamanan dalam negeri untuk menampung orang-orang yang ditahan," katanya.

Baca juga: Trump Sebut Migran Ilegal Harus Dideportasi Tanpa Perlu Diadili

"Kami akan bekerja pekan demi pekan, jumlahnya juga jelas dinamis. Jadi, kami harus tetap fleksibel untuk menunjang logistik bagi kementerian keamanan dalam negeri," imbuhnya.

Keputusan itu menyusul kritik yang membanjiri Trump atas kebijakan pemisahan migran orangtua dengan anak-anak mereka.

Sementara, migran anak ditempatkan pada rumah penampungan yang berat di perbatasan.

Pekan lalu, Trump mencabut kebijakan pemisahan keluarga migran. Namun, pemerintah AS tetap akan melanjutkan penahanan orangtua migran bersama dengan anak mereka.

Sebelumnya, militer AS diminta oleh pemerintah untuk menyiapkan penampungan sementara bagi 20.000 migran anak. Jumlah itu dibutuhkan mulai Juli hingga akhir tahun ini.

Kepada NPR, otoritas menyatakan ada empat pangkalan yang diharapkan menyediakan tempat penampungan, termasuk pangkalan Fort Bliss di El Paso, Texas.

Kepala bea cukai dan perlindungan perbatasan AS, Kevin McAleenan, telah menghentikan sementara penuntutan pidana terhadap migran dewasa, yang melintasi perbatasan secara ilegal bersama anak-anak.

Tempat penampungan sementara yang menampung 360 anak di ujung barat Texas juga harus ditutup.

Baca juga: Lebih dari 500 Anak-anak Migran Telah Dipertemukan dengan Orangtuanya

Data dari Kementerian Keamanan Dalam Negeri AS sejak Trump mengakhiri pemisahan anggota keluarga migran pada Rabu lalu menunjukkan, sebanyak 522 anak terpisah dari orangtua telah dipersatukan kembali.

Namun, sebanyak 2.053 anak kecil masih dalam naungan Kementerian Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS hingga pekan lalu.

"Pemerintah AS mengetahui semua lokasi anak-anak yang ditampung dan sedang bekerja untuk menyatukan mereka dengan keluarganya," demikian pernyataan dari kementerian pada Sabtu (23/6/2018) malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com