Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara dan Selatan Sepakat Segera Pulihkan Jalur Komunikasi Miiter

Kompas.com - 25/06/2018, 20:06 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Kyodo News

SEOUL, KOMPAS.com - Pemerintah Korea Utara dan Korea Selatan pada Senin sepakat untuk secepatnya memulihkan jalur komunikasi militer antardua Korea yang melintasi Laut Kuning dan Laut Jepang.

Kesepakatan tersebut dicapai pada Senin (25/6/2018) setelah dilangsungkannya pertemuan lanjutan antara petinggi militer kedua negara di Paju, kota di selatan perbatasan yang memisahkan kedua Korea.

Sebelumnya, pertemuan antara pejabat tinggi militer kedua negara Korea juga telah dilangsungkan pada 14 Juni.

Melansir dari Kyodo News, jalur komunikasi militer yang akan dibuka kembali adalah yang berada di sisi barat melintasi Laut Kuning dan sisi timur melintasi Laut Jepang.

Baca juga: Dua Korea Sepakat Agendakan Reuni Keluarga di Bulan Agustus

Jalur komunikasi di sisi timur telah mengalami kerusakan akibat kebakaran hutan yang terjadi pada 2010, sehingga perlu dibangun kembali.

Sementara yang berada di sisi barat masih berfungsi namun tetap tidak beroperasi sebagian. Demikian dikabarkan Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

Pertemuan antarpejabat tinggi militer tersebut dilangsungkan di gedung Bea Cukai, Irigasi dan Karantina, di Dorasan, kota Paju dan dihadiri pejabat militer setingkat kolonel.

Delegasi Korea Selatan dipimpin Kolonel Angkatan Darat, Cho Yong-geun, sementara delegasi Korea Utara mengutus Kolonel Om Chang Nam.

Pertemuan tingkat kolonel antara dua Korea pertama sejak terakhir pada 2011 tersebut sebagai tindak lanjut pertemuan puncak di bulan April antara Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Selatan Moon Jae-in.

Dalam pertemuan itu, ditandatangani Deklarasi Panmunjom yang salah satu poinnya meredakan ketegangan militer dan menghapus bahaya perang di Semenanjung Korea.

Baca juga: AS Berharap Pertemuan Dua Korea Hasilkan Perdamaian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kyodo News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com