Kompas.com - 25/06/2018, 16:48 WIB
|

NEW YORK, KOMPAS.com - Pada Jumat (22/6/2018), Sidang Umum PBB meloloskan sebuah rancangan resolusi yang mendesak Rusia untuk menarik mundur pasukannya dari Transnistria.

Tranistria adalah sebuah wilayah seluas sekitar 4.100 kilometer persegi yang memerdekakan diri dari Moldova, bekas negara bagian Uni Soviet yang merdeka dan diakui PBB pada 1992.

Namun, di Transnistria, sebuah wilayah kecil yang dihuni sekitar 500.000 orang yang berbicara dalam bahasa Rusia, menginginkan sebuah negeri tersendiri.

Baca juga: Moldova Gelar Pemilu, Calon Presiden Pro-Rusia Unggul Sementara

Mereka kemudian memulai perjuangan bersenjata untuk melepaskan diri dari Moldova hingga gencatan senjata disepakati pada 1992.

Saat itu, tentara Rusia datang untuk membantu "perjuangan" rakyat Transnistria dan sejak saat itu pasukan Negeri Beruang Merah tetap berada di sana.

Moskwa mengklaim, pasukannya berada di Transnistria untuk menjaga perdamaian dan memastikan baku tembak tak pecah kembali.

Moskwa juga mengklaim, sebagian besar rakyat Transnistria menginginkan perlindungan Rusia karena identitas mereka akan hilang jika sepenuhnya menjadi bagian dari Moldova.

Di sisi lain, Moldova dan sekutu regionalnya berargumen, pasukan Rusia di Transnistria merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan negeri yang berada di antara Ukraina dan Romania itu.

Konflik ini memang tak terlalu bergaung di dunia internasional dan perlahan-lahan mulai menghilang karena warga dunia disibukkan isu-isu lain yang "lebih besar".

Namun, resolusi PBB ini menunjukan beberapa tetangga Rusia, terutama negara-negara bekas Uni Soviet, amat khawatir negerinya Vladimir Putin itu akan melanggar kedaulatan mereka.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.