Kompas.com - 25/06/2018, 15:50 WIB
|

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin, Senin (25/6/2018), memberikan selamat atas kemenangan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam pemilu yang digelar pada Minggu (24/6/2018).

Putin mengatakan, hasil pemilu Turki itu menunjukkan "kehebatan otorita politik" Erdogan dan dukungan rakyat kepada sang pemimpin.

"Kemenangan ini menunjukan dukungan rakyat terhadap kepemimpinan Erdogan untuk mengatasi masalah ekonomi dan sosial di Turki serta memperkuat posisi Turki di arena internasional," demikian pertanyaan resmi Putin yang dirilis Kremlin.

Baca juga: Dipastikan Menang Pemilu, Erdogan Berjanji Bakal Membebaskan Suriah

Lebih jauh Putin menegaskan kesiapan Rusia untuk melanjutkan kerja sama lebih erat dan dialog dengan Turki.

"Semua ini amat terkait dengan kepentingan rakyat Rusia dan Turki," tambah Kremlin sembari memuji hubungan dekat kedua pemimpin.

Putin dan Erdogan selama beberapa bulan terakhir semakin memperkuat aliansi di antara kedua negara.

Demi menunjukkan pentingnya hubungan kedua negara, Putin menjadikan Turki negara pertama yang dia kunjungi usai memenangkan masa jabatan keempatnya sebagai presiden.

Di sisi lain, Turki dan Rusia merupakan "seteru" terutama di kancah konflik bersenjata Suriah.

Hingga saat ini Rusia menjadi salah satu sekutu Presdien Bashar al-Assad sedangkan Turki mendukung kelompok pemberontak yang hendak menjungkalkan Assad.

Meski demikian, Rusia dan Turki dalam beberapa bulan terakhir menjalin kerja sama terutama untuk mencari solusi politik di Suriah.

Hubungan kedua negara sempat memburuk pada November 2015, ketika Turki menembak jatuh sebuah jet tempur Rusia yang terbang di wilayah udara Suriah.

Baca juga: Raih Suara Mayoritas, Erdogan Dipastikan Kembali Jabat Presiden Turki

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.