Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipastikan Menang Pemilu, Erdogan Berjanji Bakal Membebaskan Suriah

Kompas.com - 25/06/2018, 14:31 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

ANKARA, KOMPAS.com - Presiden Petahana Turki, Recep Tayyip Erdogan, menyapa para pendukungnya setelah pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu).

Diwartakan Daily Mirror Minggu (24/6/2018), Erdogan menyapa pendukungnya setelah dia hampir dipastikan memenangkan pemilu setelah meraup 52,5 persen.

Juru bicara Dewan Pemilu Tinggi (YSK), Saudi Guven, menyatakan, total suara yang sudah masuk dilaporkan mencapai 99 persen.

Baca juga: Raih Suara Mayoritas, Erdogan Dipastikan Kembali Jabat Presiden Turki

"Mulai besok (Senin) kami bakal memulai memenuhi janji yang kami buat kepada rakyat," kata Erdogan saat berpidato di markas Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP).

Pemimpin berusia 64 tahun tersebut secara tersirat menyatakan bakalan meneruskan operasi militer Turki ke Suriah.

"Kami bakal berusaha membebaskan tanah Suriah, sehingga 3,5 juta pengungsi di Turki bisa pulang ke rumah mereka," kata Erdogan.

Mantan Perdana Menteri yang menjabat sejak 2003-2014 itu juga meminta kepada aparat penegak hukum untuk bertindak lebih keras kepada para pelaku terorisme.

Di bawah konstitusi baru yang disahkan pada 2017, kemenangan Erdogan di pemilu ini bisa mengantarkannya menjabat hingga 2028.

Pesaing kuat Erdogan dari Partai Rakyat Republik (CHP), Muharrem Ince, berada di peringkat kedua dengan perolehan 31,7 persen.

Jika Erdogan resmi disahkan menjadi presiden, dia bakal menghapus jabatan perdana menteri sehingga memberinya kewenangan langsung menunjuk pejabat senior.

"Kemenangan pemilu ini diperlukan untuk mempercepat reformasi dalam sistem pemerintahan," kata Wakil Perdana Menteri Mehmet Simsek di Twitter.

CHP dilaporkan belum mengumumkan kekalahan. Namun mereka sempat menyatakan bakal meneruskan perjuangan demokrasi ini "apapun hasilnya".

Baca juga: Erdogan Klaim Raih Kemenangan dalam Pemilu Turki

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com