Kompas.com - 25/06/2018, 09:09 WIB

KOMPAS.com - Di antara para petinju dunia asal AS, Jack Dempsey termasuk salah satu legenda. Gaya bertarungnya yang khas membuatnya disegani sekaligus ditakuti lawan-lawannya.

Lahir dengan nama William Harrison Dempsey pada 24 Juni 1895 di Manassa, Colorado, AS, Dempsey mulai bertinju sejak remaja demi mendapat uang pertarungan sebelum akhirnya menyadari peluangnya untuk dapat lebih sukses sebagai petinju.

Sepanjang karir bertinju profesionalnya, Dempsey menjalani 84 kali pertarungan, dengan 62 kali menang, 51 di antaranya menang KO.

Dempsey juga sempat meraih gelar juara dunia kelas berat dan mempertahankannya selama enam tahun, membawanya menjadi salah satu petinju paling dikenal di AS dan juga dunia.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Sugar Ray Leonard, Juara Dunia di Lima Kelas

Masa Kecil

Dempsey lahir di tengah keluarga petani dan penambang. Orangtuanya Hyrum dan Celia Dempsey berasal dari West Virgina dan pindah ke Manassa sebelum Dempsey lahir.

Dempsey merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara. Bersama kedua kakaknya dia telah mulai bekerja sejak muda sebagai penambang dan buruh pertanian. Dia juga kadang membantu di peternakan.

Dempsey mengenal tinju dari sang kakak, Bernie, yang bertarung demi uang hadiah. Dari sang kakak juga ia belajar bertinju.

Nama julukan Jack Dempsey awalnya digunakan sang kakak saat bertarung, berasal dari nama seorang petinju besar di abad ke-19, Jack "Nonpareil" Dempsey.

Suatu hari, saat seharusnya turun bertanding, Bernie sakit dan digantikan sang adik. Namun tetap dengan nama panggung Jack Dempsey.

Dempsey meraih kemenangan dan sejak saat itu tetap menggunakan nama ring Jack Dempsey.

Gelar Juara Dunia

Di antara seluruh pertarungan yang pernah dilakoni Dempsey, ada tiga lawan yang paling banyak diingat penggemar tinju.

Yang pertama adalah saat Dempsey menghadapi pemegang sabuk juara dunia kelas berat, Jess Willard. Keduanya bertarung bertepatan pada peringatan hari kemerdekaan AS pada tahun 1919.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Muhammad Ali, Sang Legenda Tinju Dunia

Secara statistik, Dempsey berada di bawah sang juara dunia yang unggul mulai dari postur fisik hingga pengalaman bertanding.

Namun hal tersebut tidak menghentikan Dempsey untuk bertarung dengan menakjubkan. Mengandalkan kecepatan dan taktik, Dempsey bahkan berhasil menjatuhkan sang juara dunia di ronde ketiga dan mengklaim sabuk juara.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.