Kompas.com - 22/06/2018, 19:53 WIB

BRUSSELS, KOMPAS.com - Koalisi yang dipimpin Arab Saudi memberikan penjelasan alasan mereka menggelar serangan ke markas Houthi di Hodeidah, Yaman, pekan lalu.

Juru bicara koalisi, Kolonel Turki Al-Maliki berkata, Operasi Golden Victory itu ditujukan agar kelompok pemberontak Yaman itu berunding.

"Melalui serangan itu, kami menekan Houthi agar bersedia menerima solusi politik," kata Al-Maliki dikutip dari Arab News Jumat (22/6/2018).

Baca juga: Koalisi Arab Saudi Serang Markas Houthi di Hodeidah

Dalam konferensi pers di Brussels, Belgia, Al-Maliki berkata solusi itu diperlukan karena mereka memprioritaskan keselamatan sipil.

"Solusi politik dan diplomatik adalah cara terbaik untuk menyelamatkan rakyat Yaman. Kami bakal berusaha mengembalikan legitimasi di sana," tuturnya.

Sebab, kata Al-Maliki, Houthi telah menjadikan rakyat Yaman sebagai benteng, dan memaksa mereka membayar pajak guna keperluan perang mereka.

Karena itu, koalisi membantu pasukan pemerintah dalam merebut kota-kota penting yang dikuasai Houthi. Salah satunya Hodeidah.

"Lepasnya kota pelabuhan itu dari Houthi bakal menyudahi ancaman terhadap perairan internasional di Laut Merah," tegasnya.

Selain itu juga memudahkan PBB maupun organisasi kemanusiaan lainnya dalam memberi bantuan ke negara yang dilanda konflik sejak Maret 2015 itu.

Koalisi, beber Al-Maliki, telah berusaha membuka semua jalan yang diperlukan untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Yaman.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Arab News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.