Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Tangguhkan Latihan Simulasi Evakuasi Serangan Rudal Korea Utara

Kompas.com - 21/06/2018, 17:15 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TOKYO, KOMPAS.com - Pemerintah Jepang dikabarkan menghentikan latihan evakuasi simulasi serangan rudal Korea Utara, menyusul pertemuan bersejarah antara Washington dengan Pyongyang.

Kabar penghentian tersebut dilaporkan media lokal pada Kamis (21/6/2918).

Belum ada konfirmasi resmi dari pemerintah terkait kabar tersebut, namun pejabat di salah satu kota menyebut mereka telah menangguhkan rencana latihan evakuasi yang dijadwalkan pekan depan karena mendapat perintah dari Tokyo.

Keputusan penangguhan latihan evakuasi diduga terkait dengan hasil pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Singapura, 12 Juni lalu.

Baca juga: Tokyo akan Gelar Latihan Evakuasi dan Simulasi Serangan Nuklir

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin negara menandatangani dokumen bersama yang salah satu poinnya menyerukan denuklirisasi Semenanjung Korea.

Pemerintah kota Yaita di prefektur Tochigi, utara Tokyo, mengagendakan latihan evakuasi serangan nuklir dengan melibatkan 800 warganya pada pekan depan.

Namun rencana tersebut mendadak dibatalkan pada Rabu (20/6/2018) malam setelah adanya instruksi dari pemerintah.

"Pemerintah menginstruksikan penangguhan kegiatan latihan evakuasi untuk sementara waktu setelah adanya perubahan situasi usai pertemuan AS dengan Korea Utara," kata pejabat kota, Yutaka Yanagida kepada AFP.

Pejabat Kantor Kabinet menyatakan, pemerintah akan mengumumkan kebijakannya terkait latihan evakuasi tersebut pada Jumat (22/6/2018). Pejabat tersebut menolak memberikan komentar lebih lanjut.

Tahun lalu, Korea Utara menembakkan rudalnya melintasi langit Jepang dan jatuh di laut, sebanyak dua kali. Tindakan yang memicu kepanikan dan kemarahan warga Jepang.

Tokyo pun menginstruksikan warganya untuk berpartisipasi dalam latihan evakuasi pertama pada awal tahun ini sebagai antisipasi serangan militer Korea Utara.

Baca juga: Jepang Gelar Latihan Evakuasi Militer Pertama Sejak Perang Dunia II

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com