Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

New York akan Gugat Pemerintahan Trump atas Kebijakan Imigrasi AS

Kompas.com - 20/06/2018, 23:26 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

NEW YORK CITY, KOMPAS.com - Pemerintahan Negara Bagian New York bersiap untuk melayangkan tuntutan terhadap pemerintah AS atas kebijakan imigrasi yang memisahkan anak-anak imigran dari orangtua mereka.

Negara bagian itu turut merasakan dampak dari kebijakan imigrasi tersebut dengan setidaknya 70 anak-anak imigran kini ditempatkan di fasilitas penampungan di New York.

"Setidaknya ada 70 anak-anak yang kini ditahan di fasilitas federal di seluruh negara bagian New York. Jumlah tersebut diperkirakan masih akan terus meningkat," kata Gubernur New York Andrew Cuomo dalam pernyataan di media sosial Twitternya, Selasa (19/6/2018).

Stasiun televisi lokal, NY1, menyiarkan rekaman yang menunjukkan sekelompok anak-anak perempuan migran yang ditempatkan di pusat penampungan Cayuga di Harlem Timur pada Rabu (20/6/2018) pagi.

Baca juga: Putri Trump Desak Ayahnya Hentikan Pemisahan Migran Anak dari Orangtua

Anak-anak tersebut berbicara dalam bahasa Spanyol dan kemungkinan besar mereka dipisahkan dari orangtua mereka saat melintasi perbatasan.

Gubernur Cuomo lantas mengumumkan, pemerintah negara bagian dalam waktu dekat akan mengajukan gugatan multilembaga terhadap pemerintahan Presiden Donald Trump terkait kebijakan imigrasi tersebut.

"Gugatan akan diajukan dalam waktu kurang dari dua pekan. Pemerintahan Presiden Trump telah melanggar hak konstitusional anak-anak imigran dan keluarga mereka yang dipisahkan di perbatasan."

"Pemisahan anak-anak migran ini telah menjadi bentuk kegagalan moral sekaligus tragedi kemanusiaan," kata Cuomo.

Dukungan terhadap aksi gugatan terhadap pemerintah juga disampaikan Wali Kota New York, Bill de Blasio yang menyatakan menentang tindakan pemisahan anak-anak migran dari orangtua mereka.

"Saya ingin melihat upaya apa pun yang bisa kami lakukan untuk menghentikan kota New York menjadi tempat penampungan anak-anak yang dipisahkan dari orangtua mereka," ujarnya pada Selasa (19/6/2018).

Anak-anak yang dipisahkan tersebut dipindahkan oleh Kantor Pemukiman Pengungsi ke negara bagian di setidaknya 10 lokasi penampungan.

Baca juga: Kebijakan Imigrasi Trump Bikin Orangtua dan Anak Terpisah

Umumnya, anak-anak tanpa pendamping akan ditempatkan di penampungan negara di mana mereka memiliki kerabat yang kemudian akan merawat mereka.

"Tapi anak-anak ini bukan tanpa pendamping. Mereka dipisahkan dari orangtua mereka," kata Cuomo.

Diberitakan AFP, lebih dari 2.432 anak-anak tanpa dokumen telah dipisahkan dari orangtua mereka saat melintasi perbatasan AS dengan Meksiko antara bulan Mei hingga Juni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com