Kompas.com - 20/06/2018, 10:39 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Sebuah topi khas milik Kaisar Perancis Napoleon Bonaparte yang diyakini dipakai dalam pertempuaran di Waterloo sekitar 230 tahun lalu telah terjual.

Topi berwarna hitam tersebut terjual seharga 350.000 euro atau sekitar Rp 5,6 miliar dalam pelelangan di Lyon, Perancis, Senin (18/6/2018).

Topi dibeli dengan harga yang lebih tinggi dari estimasi sebelumnya, sekitar 30.000 euro hingga 40.000 euro atau sekitar Rp 650 juta.

Baca juga: Kerangka Dinosaurus Langka Terjual Lebih dari Rp 32 Miliar dalam Lelang

Balai lelang De Baecque menyatakan, pembeli topi Napoleon merupakan seorang kolektor asal Eropa yang sangat menyukai Kaisar Pertama Perancis itu.

Namun, identitas pembeli tidak diumumkan kepada publik.

"Dia (Napoleon) merupakan figur yang dikenal di seluruh dunia dan yang mengagumkan bagi semua orang di dunia," kata juru lelang, Etienne de Baecque.

De Baecque mengatakan, sejarah topi yang dijual pada Senin lalu telah terdokumentasi dengan baik dan ada jaminan kuat bahwa topi itu milik Napoleon.

Topi itu diambil sebagai trofi perang oleh kapten Belanda setelah Pertempuran Waterloo, di mana koalisi tentara Eropa mengalahkan Perancis pada 18 Juni 1815.

Catatan sejarah menunjukkan, topi telah berpindah tangan beberapa kali dan pernah dipamerkan 1897 di Brussels.

Topi Napoleon tersebut merupakan salah satu dari 120 topi seragam militer yang digunakan selama dia bekuasa antara 1799 hingga 1815.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.