Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2018, 09:49 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber CNN,AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Korea Utara bersedia mengembalikan 200 set sisa-sisa jasad tentara Amerika Serikat yang gugur dalam Perang Korea.

"Persiapan terus berlanjut. Pengiriman bisa saja terjadi dalam beberapa hari ke depan," kata seorang pejabat AS secara anonim kepada AFP, Selasa (19/6/2018).

Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saling setuju terkait pemulangan kembali kerangka tentara AS ketika bertemu di Singapura pada pekan lalu.

Baca juga: Seoul: Pengurangan Sanksi Korea Utara dapat Terjadi Lebih Cepat

Dalam sebuah pernyataan pada Senin (18/6/2018), Kementerian Pertahanan AS alias Pentagon menyebutkan jumlah pasukan yang dilaporkan hilang selama Perang Korea 1950-1953.

"Pada beberapa kesempatan di masa lalu, para pejabat Korut telah mengindikasikan mereka memiliki sebanyak 200 set sisa jasad yang telah diambil selama bertahun-tahun," demikian pernyataan Pentagon.

"Komitmen yang ditetapkan dalam Pernyataan Bersama antara Presiden Trump dan Ketua Kim akan memulangkan kerangka seperti yang dilakukan pada awal 1990-an," lanjutnya.

Sekitar 1990 hingga 2005, AS memperoleh 229 set kerangka tentara AS dari Korea Utara di bawah perjanjian yang disepakati.

Namun, perjanjian itu kemudian ditangguhkan ketika hubungan antara kedua negara memburuk.

Diwartakan CNN, pejabat AS mengungkapkan kemungkinan Gedung Putih akan mengirim utusan langsung ke Pyongyang untuk mengumpulkan kerangka.

Sejauh ini, AS belum mengetahui apakah kerangka pasukan yang bakal dikirim masih memiliki kalung militer, kartu identitas, dan barang pribadi lainnya.

Kerangka akan dibawa ke laboratorium militer di Hawaii untuk mencocokan DNA dan identifikasi.

Baca juga: Seoul Kembali Pulangkan Sisa-sisa 20 Tentara China Korban Perang Korea

Lebih dari 35.000 pasukan AS gugur di Semenanjung Korea selama Perang Korea, yang berakhir dengan gencatan senjata tanpa perjanjian damai.

Pentagon menganggap, 7.697 pasukan AS masih dinyatakan hilang, termasuk 5.300 yang berada di Korea Utara.

Beberapa pasukan itu merupakan pilot yang ditembak jatuh, pasukan darat, dan lainnya diperkirakan tewas di penjara kamp perang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNN,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com