Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macron Tegur Remaja yang Tak Sopan Panggil Namanya

Kompas.com - 19/06/2018, 19:29 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

PARIS, KOMPAS.com - Presiden Perancis Emmanuel Macron menegur seorang remaja yang memanggil hanya nama depannya saat berkunjung ke Mont Valerien.

Awalnya, Macron bersalaman dengan warga di tempat yang menjadi saksi eksekusi pasukan pemberontak Perancis saat Perang Dunia II.

Dilansir AFP via The Guardian Selasa (19/6/2018), saat bersalaman itu seorang remaja laki-laki menyapanya dengan kalimat "apa kabar Manu?".

Baca juga: Soal Iran, Netanyahu Tetap Berbeda Pendapat dengan Macron

Sontak, presiden 40 tahun tersebut langsung menegurnya. "Tidak, tidak. Engkau tidak boleh mengatakan hal seperti itu," katanya.

Remaja yang sangat malu itu kemudian meminta maaf dengan menambahkan "Tuan Presiden". Namun, Macron memutuskan untuk menasihatinya.

Macron berkata, remaja itu berada dalam sebuah kegiatan resmi di mana tengah dilantunkan the Chant des Partisans atau Nyanyian Pemberontak Perancis.

"Kau harus menjaga sikap. Mungkin di tempat lain kau boleh nakal. Tapi saat ini, tolong panggil saya Tuan Presiden atau Pak. Ok?" tegas Macron.

"Baik Pak," kata remaja tersebut. Macron kemudian juga menanggapi beberapa remaja yang menyanyikan lagu Sosialis The Internationale.

Dia berkata kepada remaja yang bernyanyi itu, mungkin akan ada di antara mereka yang bakal memimpin sebuah gerakan revolusi.

"Namun, sampai saat itu tiba, sebaiknya kalian belajar hingga meraih gelar sarjana, dan memperbaiki perilaku kalian," kata Macron.

Dilaporkan, Macron menerima kritik karena dia dianggap kurang mempunyai empati terhadap kalangan orang tidak punya.

Baca juga: Sungai Moskwa, Asal Nama Ibu Kota Rusia

Pekan lalu, beredar sebuah video yang memperlihatkan Macron mengeluhkan Perancis harus mengeluarkan dana besar untuk program kesejahteraan kaum miskin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com