Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Tokoh Dunia: Walt Disney, Pelopor Kartun Animasi

Kompas.com - 18/06/2018, 18:24 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

KOMPAS.com - Namanya mungkin tak asing terdengar oleh telinga penggemar kartun animasi. Ya, Walt Disney. Seorang pria pencipta berbagai karakter tokoh kartun lucu yang mendunia.

Mickey Mouse menjadi masterpiece yang kemudian melambungkan namanya di kalangan masyarakat. Dia begitu berpengaruh besar terhadap dunia hiburan pada abad ke-20.

"Saya berharap, kita tidak melupakan satu hal bahwa semuanya diawali oleh seekor tikus," begitu kutipan terkenal Disney.

Pria asal Amerika Serikat ini juga mewujudkan impian anak-anak untuk bertemu karakter Disney dengan membangun taman hiburan terkenal yang dihiasi kastil cantik.

Kelahiran Disney

Lahir di Chicago, Illinois, pada 5 Desember 1901 dengan nama lengkap Walter Elias Disney, dia merupakan putra keempat dari seorang tukang kayu, petani, sekaligus kontraktor bangunan, Elias Disney.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Joseph Grimaldi, Badut Terhebat Sepanjang Masa

Ibunya, Flora Call, merupakan seorang guru sekolah negeri. Saat masih balita, Disney dan keluarganya pindah ke sebuah pertanian di dekat Marceline, Missouri.

Walt cilik kemudian mulai bersekolah. Dari situlah, dia menunjukkan bakatnya dalam menggambar dan melukis dengan krayon dan cat air.

Ayahnya meninggalkan usaha pertaniannya dan memindahkan keluarganya ke Kansas City pada 1911.

Pada musim panas, Disney kerap mengambil pekerjaan sambilan seperti berjualan kudapan dan koran kepada penumpang kereta api.

Pamannya, Mike Martin, merupakan seorang ahli mesin yang bekerja di perusahaan kereta api.

Disney menempuh pendidikan di SMA McKinley, Chicago. Dia mengambil kelas menggambar dan fotografi. Dia juga menjadi kartunis yang berkontribusi untuk koran sekolah.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Muhammad Ali, Sang Legenda Tinju Dunia

Pada malam hari, dia ikut kursus di Institut Seni Chicago. Dia putus sekolah pada usia 16 tahun untuk bergabung dengan Angkatan Darat pada Perang Dunia I, namun ditolak karena masih di bawah umur.

Kemudian, dia diterima Palang Merah dan dikirim ke Perancis selama satu tahun untuk mengemudikan ambulans. Dia kembali ke AS pada 1919.

Patung Walt Disney menggandeng Mickey Mouse dengan latar belakang Kastil Sleeping Beauty di Disneyland, Anaheim, California, Amerika Serikat.KOMPAS/FRANS SARTONO Patung Walt Disney menggandeng Mickey Mouse dengan latar belakang Kastil Sleeping Beauty di Disneyland, Anaheim, California, Amerika Serikat.
Kebangkrutan dan Mickey Mouse

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com