Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Ungkap Alasan Pria Ingin Memperbesar Penis

Kompas.com - 16/06/2018, 21:07 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Editor

KOMPAS.com - "Sam" tidak pernah memiliki masalah dengan ukuran penisnya, tetapi setelah dia mengakhiri hubungan 16 tahunnya, dia ingin melakukan sesuatu untuk meningkatkan harga dirinya.

"Saya benar-benar tidak merasa kecil, tetapi saya ingin merasakan kepercayaan diri tambahan, sesuatu yang istimewa - terutama jika saya akan kembali pacaran lagi," katanya.

Dia meneliti operasi pembesaran penis operasi, tetapi dia waspada terhadap potensi rasa sakit dan risiko yang terlibat dan memutuskan untuk tidak melanjutkannya.

Tapi ketika dia mengetahui bahwa pengisi dermal - biasanya digunakan untuk menggumpalkan bibir dan pipi - juga bisa digunakan untuk meningkatkan ketebalan penis, dia membuat janji menemui dokter bedah plastik.

"Saya sedikit putus asa pada saat itu, dan saya punya uang menganggur jadi saya pikir saya akan mencobanya," katanya.

Baca juga: Pertama di Dunia, Transplantasi Seluruh Penis dan Skrotum Dilakukan

Sam menghabiskan sekitar 10.000 dollar Australia atau sekitar Rp 105 juta untuk bahan pengisi sementara, dan 18 bulan kemudian, dia senang dengan hasilnya.

"Saya pasti akan melakukannya lagi. Tapi pada sisi psikologisnya, itu menarik. Ini agak seperti pedang bermata dua," katanya.

Setelah prosedur, Sam berjuang dengan kecemasan kemampuan berhubungan seks.

"Mungkin karena sedikit pengharapan dari pasangan saya. Butuh beberapa saat bagi saya merasa nyaman dengan bagian itu," katanya.

Ukuran penis benar-benar menyentuh kesadaran diri pria

Bedah kosmetik sering dianggap sebagai hal yang dikejar wanita, tetapi ahli bedah berkata bahwa mereka melihat lebih banyak pria yang memesan untuk membahas pembesaran penis.

Kecenderungan itu mengilhami psikolog klinis Universitas Monash, Dr Gemma Sharp, untuk mempelajari apa yang mendorong pria untuk menjalani prosedur, dan bagaimana hal itu mempengaruhi kehidupan mereka.

Dia dan rekan penulisnya, Dr Jayson Oates, mewawancarai 25 pria Australia yang menjalani pembesaran non-invasif dalam 12 bulan terakhir.

Itu adalah studi kualitatif, yang berfokus pada wawancara mendalam. Penelitian semacam ini sering dilakukan pada tren psikologis yang muncul.

"Saya terkejut dengan keragamannya. Dalam sampel kami, pria termuda berusia 23 yajim dan yang tertua berusia 69 tahun. Mereka datang dari berbagai jenis bidang profesional," kata Dr Sharp.

Baca juga: Di Desa Terpencil Ini, Anak Laki-laki Baru Punya Penis Saat Puber

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com