Kompas.com - 16/06/2018, 20:30 WIB

COX'S BAZAAR, KOMPAS.com - Ratusan ribu masyarakat Rohingya di pengungsian Cox's Bazaar, Bangladesh, merayakan hari pertama Hari Raya Idul Fitri.

Namun, selain merayakannya dengan jamuan, seperti dilansir AFP Sabtu (16/6/2018), mereka juga melakukan unjuk rasa secara damai.

Awalnya warga Rohingya melaksanakan shalat Id di masjid kamp pengungsian Kutupalong pada Sabtu pagi waktu setempat.

Baca juga: Akhirnya Myanmar Sepakat Beri Akses PBB ke Desa Rohingya di Rakhine

Setelah itu, ratusan dari mereka kemudian melakukan unjuk rasa selama satu jam dengan membawa berbagai spanduk dan poster.

Mereka meneriakkan berbagai slogan seperti kewarganegaraan bagi Rohingya, merepatriasi Rohingya ke Myanmar secara layak, dan jaminan keamanan dari PBB.

"Kami juga meminta agar ada perwakilan Rohingya pada kesepakatan repatriasi," ujar pemimpin komunitas Rohingya, Mohammad Mohibullah.

Lebih lanjut, ini merupakan Lebaran pertama yang dilakoni oleh komunitas Rohingya sejak mereka mengungsi ke Bangladesh.

Sekitar 700.000 orang Rohingya meninggalkan Rakhine pada 25 Agustus  2017 ketika militer Myanmar menggelar operasi militer untuk memburu teroris.

Rahim Uddin menyatakan, meski terasa berbeda dibanding tahun lalu, dia mengaku tetap bersyukur masih bisa merayakan Idul Fitri.

"Setidaknya, kami mempunyai tempat yang damai untuk kami tinggali sehingga bisa merayakan. Kami bisa pergi ke masjid tanpa gangguan. Kami bersyukur pada Tuhan," tutur pria 35 tahun itu.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.