Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelelahan Usai Lakukan Empat Operasi, Dokter yang sedang Hamil Ini Roboh

Kompas.com - 14/06/2018, 16:58 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

ZHANGJIAJIE, KOMPAS.com - Seorang dokter perempuan di China selatan yang tengah hamil lima bulan kelelahan hingga roboh setelah melakukan empat operasi berturut-turut.

Dokter Yi Xianyou (42), yang merupakan direktur ginekologi di sebuah rumah sakit di kota Zhangjiajie, di Provinsi Hunan, akhirnya tidak kuat untuk berdiri setelah merampungkan operasi keempatnya pada hari itu.

Diberitakan situs Kankan News, Rabu (13/6/2018), Dokter Xianyou telah melakukan operasi sejak pukul 9 pagi hingga 4 sore tanpa istirahat. Dia akhirnya kelelahan dan terduduk di lantai.

Foto dokter yang kelelahan setelah bekerja meski tengah hamil itu dengan cepat tersebar di media sosial. Banyak pengguna media sosial China, WeChat, yang kemudian memberikan apresiasinya atas tindakan profesional dokter tersebut.

Baca juga: Rekam Video Berjoget di Tengah Operasi, Dokter di AS Tuai Kecaman

"Selama proses itu (empat kali operasi) dia tidak beristirahat," kata seorang perawat, Xiong Chunbo, yang juga rekan Dokter Xianyou.

"Dia kekurangan oksigen dan kekurangan gula darah sehingga membuatnya tak nyaman. Dia sampai tak kuat untuk berdiri."

"Kami sampai harus membawanya dan memberikan tabung oksigen untuk membantu pernapasannya," tambah perawat itu.

Perawat Chunbo menerangkan, sebagai seorang dokter bedah yang sedang menjalankan operasi dilarang gemetar, terutama saat melakukan operasi endoskopi yang memerlukan kecermatan.

"Dokter Xianyou telah melakukan operasi dengan sangat baik. Dia biasa melakukan tiga hingga empat operasi sehari, bahkan terkadang sampai lima kali. Dalam sebulan seorang dokter bisa melakukan operasi 80 hingga 100 kali," kata kepala perawat, Lin Wei.

Baca juga: Jual MP3 Sebagai Obat Ebola, Izin Praktik Dokter di California Dicabut

Diberitakan Kankan dan dilansir SCMP, dokter tersebut mengalami kelelahan dan hipoksia, yakni keadaan ketika tidak cukup oksigen di dalam jaringan tubuh.

"Anda memiliki tanggung jawab kepada pasien. Setelah operasi selesai, saya mencoba duduk untuk mendapatkan oksigen. Saya kemudian berbaring sampai merasa lebih baik," kata Dokter Yi Xianyou.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com